3 CMS Terbaik Untuk Membuat Website Instan

Share:
Siapa bilang membuat website itu susah dan butuh waktu banyak? Kini membuat website dapat dilakukan dalam hitungan menit. Dalam setengah jam saja kita sudah bisa memiliki sebuah situs web. Untuk membuat website secara instan dan cepat, diperlukan sebuah script yang disebut dengan CMS (Content Management System).

CMS adalah sebuah script aplikasi web atau software web yang ditujukan untuk membuat website secara instan dan kemudahan dalam mengelola data, seperti membuat/menambahkan, membaca/membuka, update/memperbarui, dan delete/menghapus (bisa disebut dengan CRUD; Create Read Update Delete). Berkat CMS, kita dapat membuat sekaligus mengelola suatu website tanpa mengotak-atik script web-nya. Jadi, langsung melalui halaman Admin-nya.

Berikut adalah daftar 3 CMS Terbaik dalam membuat sebuah website.

  • Joomla!
            

      Joomla! merupakan CMS yang paling banyak digunakan oleh pemula karena selain penggunaan yang mudah, Joomla! juga dapat diinstall dengan berbagai macam jenis website. Mulai dari blog hingga forum diskusi, tergantung pengaturannya. Secara umum, Joomla! menggunakan tiga elemen dasar, yakni Web Server (biasanya menggunakan Apache), Script PHP, dan Database (menggunakan MySQL).

      Walaupun sangat mudah digunakan dan memiliki banyak pengguna, namun tetap saja Joomla! memiliki kekurangan yang sedikit mengecewakan. Kekurangan dari Joomla! antara lain :
      • Sistem yang Kurang Aman
      • Banyak ekstensi yang berbayar
      • Tidak SEO Friendly di mesin pencari
      Apabila Joomla! digunakan sebagai toko online, maka kurang cocok sebab kekurangan-kekurangan yang dimiliki dan disebutkan diatas. Karena, apabila tetap dipaksa, database mengalami kebocoran karena sistem yang kurang aman, tidak muncul di top position di mesin pencari karena tidak SEO Friendly.

      • WordPress

      Selain Joomla!, ada satu CMS yang sangat banyak penggunanya karena fitur-fiturnya yang keren. Ya, WordPress. WordPress merupakan CMS berlisensi open-source yang dapat digunakan untuk membangun web dengan berbagai macam jenis yang dibutuhkan. Tapi kebanyakan WordPress diinstall untuk website blog pribadi dan toko online karena pengelolaan dan konfigurasinya yang sangat mudah.

      Untuk mendirikan website berbasis CMS Wordpress, dianjurkan agar Anda memiliki hosting sendiri agar konfigurasinya semakin leluasa. Di WordPress, tersedia banyak plug-in gratis yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda  dalam mengelola website WordPress, seperti plug-in SEO. Kekurangan dari situs yang dibuat oleh CMS Wordpress ini adalah loading laman yang lambat, walaupun menggunakan template yang simpel sekalipun.

      • Blogger
       



      Blogger adalah CMS penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang dimiliki oleh Google (setelah diakuisisi dari Pyra Labs). Dengan Blogger, Anda dapat membuat dan mengelola blog secara mudah dan juga gratis.

      CMS yang satu ini memang ditujukan untuk mengelola blog secara mudah. Selain mudah, kelebihan dari Blogger ini ialah sangat SEO Friendly, mengingat Blogger merupakan kepunyaan dari mesin pencari Google yang sangat banyak penggunanya. Selain itu, banyak tersedia template-template dengan tampilan sangat bagus dan gratis. Blogger merupakan CMS yang ditujukan untuk pembuatan blog, jadi akan terasa kaku apabila dipakai yang lain, seperti toko online atau company profile perusahan


      Go-Blog

      Sama seperti dengan Blogger, Go-Blog merupakan CMS yang digunakan untuk membuat dan mengelola blog dengan mudah. CMS ini merupakan buatan saya sendiri dan masih mengandung bug. Untuk membuat blog dengan CMS ini diperlukan hosting web untuk menampung script-nya. Untuk mencobanya silakan ngintip disini.

      Itulah beberapa CMS yang dapat Anda gunakan sebagai pembuat website secara instan dan cepat. Semua CMS diatas merupakan script aplikasi web berlisensi open-source yang artinya dapat Anda modifikasi sesuai selera tanpa membayar.

      Tidak ada komentar