4 Tools Pembuatan Website

Share:
Membuat website ternyata tidak sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang awam. Banyak orang yang mengira membuat situs web itu memerlukan skill tingkat tinggi dan sangat ribet, padahal ini salah. Untuk membuat suatu website tidaklah sulit, hanya membutuhkan sedikit skill di bidang pemrograman sudah bisa membuat halaman website sederhana. Juga tidak memerlukan banyak waktu sehingga waktu kita sehari-hari tidak banyak yang tersita untuk membuat website.

Sebenarnya, membuat halaman website dapat dilakukan dengan software legendaris, yaitu NotePad, yang sudah pasti terinstall di komputer Anda. Namun, agar membuat website lebih nyaman dan maksimal, diperlukan beberapa tools yang harus diinstall di komputer Anda. Alat-alat ini akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan website. Alat-alat tersebut antara lain :

Text Editor

Teks Editor merupakan elemen (software) yang sangat penting dalam proses pembuatan website. Tanpa teks editor, skrip website tidak akan bisa ditulis. Karena, pada dasarnya website ini dibuat dengan menggunakan script code. Text Editor yang bisa Anda gunakan dalam membuat website adalah Sublime Text atau NotePad++.

Kedua software ini sangat membantu dalam pembuatan website. Karena di dalamnya terdapat prediksi kode yang akan ditulis, menutup tag secara langsung, terdapat warna pada setiap jenis kode, dan lain sebagainya. Atau kalau tidak ingin beli gunakan saja NotePad biasa yang sudah terinstall di komputer Anda, tapi Anda akan terasa kerepotan saat mengetik kode yang beratus bahkan beribu-ribu baris.

IDE

IDE merupakan software yang digunakan untuk membantu dan mempercepat pembuatan halaman website. Dengan menggunakan IDE, Anda tidak lagi mengetik kode-kode yang banyak ratusan baris bahkan hingga ribuan baris. Di software IDE, Anda tinggal melakukan drag & drop elemen yang diinginkan.

Adobe Dreamweaver adalah salah satu IDE yang paling baik. Software dari Adobe ini memberikan kemudahan dalam proses pembuatan halaman website. Hanya dengan men-drag dan drop elemen, Anda sudah membuat sebuah halaman website tanpa mengetik kode.

Selain Dreamweaver, Adobe memiliki software IDE lain yang memudahkan Anda dalam membuat sebuah halaman website, yakni Adobe Muse. Namun, Adobe Muse ini dikhususkan untuk Anda yang ingin membuat template website atau blog. Anda dapat membeli Adobe Dreamweaver dan Muse pada situs resmi Adobe, Inc.

XAMPP Modules

XAMPP adalah sebuah software kumpulan beberapa modul yang dapat Anda gunakan sebagai alat bantu membuat website. Beberapa modul dari XAMPP diantaranya Apache Web Server, Database MySQL, dan FileZilla.

Apache merupakan software web server yang digunakan untuk melayani klien lokal yang meminta menampilkan website. Ini seperti web server pada umumnya, namun hanya dapat digunakan dan diakses oleh satu komputer saja. Untuk mengakses website di server lokal, ketik http://localhost/namafolder di peramban Anda. Modul DataBase MySQL merupakan sebuah komponen penting dalam pembuatan website. MySQL digunakan untuk menyimpan berbagai macam string pada Database.

Software Pengolah Gambar & Kreativitas

Dalam membuat website, Anda membutuhkan software yang berfungsi untuk mengolah gambar. Pada website, gambar sangat dibutuhkan sebagai penunjang tampilan website. Website akan menarik apabila tidak ada gambar pada laman tersebut. Selain itu, apabila gambarnya jelek, website juga tidak menarik. Untuk itu, dibutuhkan software pengolah gambar dan kreativitas yang tinggi agar dapat menghasilkan gambar penunjang tampilan agar menjadi menarik.

Anda dapat menggunakan Software legendaris dari Adobe, yakni Adobe Photoshop. Agar gambar yang dihasilkan bagus, usahakan untuk menggunakan Adobe Photoshop minimal pada versi Creative Suite 3. Atau juga bisa membeli Produk Adobe Photoshop versi terbaru di situs resmi Adobe Photoshop.


No comments