Dasar Bahasa Pemrograman Website

Share:

Membuat halaman website, diperlukan sebuah ketrampilan dalam pemrograman. Dalam proses pembuatan website, digunakan beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh web programmer. Banyak bahasa pemrograman website yang harus dimengerti sebelum menjadi web programmer. Salah satunya adalah Bahasa HTML. Apa itu Bahasa HTML?


HTML

Disini saya hanya memberikan sedikit informasi, bukan mengupas tuntas dan memberi tutorial dasar HTML. HTML (singkatan dari Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markah/tanda yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berformat ASCII (bisa juga UTF-8) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi.

HTML pertama kali dipublikasikan sebagai IETF RFC 1866 pada tanggal 24 November 1995 dengan versi 2.0. Setelah itu, diperbarui menjadi versi 3.2 pada tanggal 14 Januari 1997. Pada versi 3.2, HTML dikembangkan dan distandarisasi secara khusus oleh W3C (World Wide Web Consortium). Kemudian, HTML diperbarui lagi menjadi versi 4.0 pada tanggal 18 Desember 1997. HTML 5 pertama kali mencuat pada April 2010.

Saat ini, HTML memasuki versi yang terbaru, yakni versi HTML5. Di dalam versi terbaru ini, terdapat fitur-fitur terbaru. Seperti terdapat canvas, audio, video, dan sebagainya. Kebanyak fitur terbaru ini berguna untuk mengoptimalkan kecepatan loading laman, karena jika beberapa elemen yang sebelumnya menggunakan Flash player, dengan menggunakan HTML5 tidak perlu memakai flash dan loading menjadi lebih cepat.

CSS


Sama seperti HTML, CSS ini berfungsi pada tampilan laman website, akan tetapi sedikit berbeda. Jika HTML fungsinya menampilkan informasi / konten pada suatu laman website, CSS ini mempunyai fungsi untuk memperindah tampilan website. Dengan menggunakan CSS, tampilan website akan menjadi lebih bagus dan menarik.

CSS (kepanjangan dari Cascading Style Sheets adalah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah laman web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam ( https://galihpratama.net ). CSS ini digunakan untuk mengatur model dan tampilan laman web semenarik mungkin.

JavaScript

Selain kedua bahasa pemrograman web yang inti diatas, javascript juga harus Anda pahami dan kuasai ketika menjadi web programmer. Javascript ini memiliki peranan agar website tampil lebih dinamis. Selain javascript, anak bahasa dari Javascript juga harus Anda pahami. Anak bahasa javascript maksudnya adalah jQuery dan Ajax.

Javascript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. Javascript disisipkan pada suatu laman website. Untuk menyisipkannya, tambahkan kode <script type="text/javascript"> dan diakhiri dengan kode </script>

PHP


Di pemrograman website tingkat lanjut, Anda harus memahami bahasa pemrograman PHP. Apa itu PHP? PHP adalah singkatan dari Hypertext Pre Proccessor atau Pre Hypertext Processor, dulu Personal Home Page. PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak daripada yang lainnya. Awal ketika dibuat, fungsinya untuk mengolah formulir web.

Namun sekarang, PHP dapat dipakai dengan berbagai macam fungsi, seperti menambah cookie dan session, redirect, bahkan Anda dapat membuat fungsi sendiri seperti sensor kata dan time stamp yang dapat menunjukkan berapa jam sesuatu string ditambahkan ke Database.

Itulah beberapa bahasa pemrograman website yang harus Anda pelajari dan pahami sebelum memulai menjadi programmer website. Namun untuk yang dasarnya hanya HTML, CSS, dan JavaScript saja. Jadi PHP merupakan bahasa pemrograman web lanjutan, tetapi juga tetap harus Anda kuasai. Semoga bermanfaat

No comments