Cara Menghubungkan Website ke DataBase

Share:

Database (Basis Data) merupakan kumpulan informasi dalam berbagai bentuk tipe data yang disimpan pada suatu komputer dan dapat ditampilkan / dicek menggunakan suatu bahasa program komputer. Biasanya, Database menggunakan SQL sebagai bahasanya. SQL yang paling banyak digunakan adalah MySQL. Nah, gimana sih caranya biar data yang diinput bisa disimpan di database?

Sebelum sejauh itu, untuk menyimpan data ke DB, website harus dihubungkan terlebih dahulu ke Database. Menghubungkan web ke DB bisa menggunakan MySQL sebagai bahasanya. Pada postingan ini, saya menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk menghubungkan web ke DB dan menggunakan MySQLi extension.

Pertama, buat sebuah file php dengan nama koneksi.php, dan ketik script di bawah ini pada file koneksi.php

<?php

$host = "localhost"; // Host DB Anda
$user = "root"; // Username DB Anda
$pass = ""; // Password DB Anda
$nama = "tes_db"; // Nama DB Anda

$koneksi = mysqli_connect($host,$user,$pass,$nama);
if(!$konek) {
    die('Gagal terhubung dengan Database');
}

?>

Simpan.  Ganti localhost, root, " ", dan tes_db dengan informasi akses database Anda. Jika pada situs Anda muncul tulisan "Gagal terhubung dengan Database" berarti ada yang salah dengan informasi akses database Anda. Untuk melakukan query, sisipkan file koneksi.php tersebut pada setiap halaman/file menggunakan fungsi " include " seperti contoh berikut.

<?php

include 'konfig.php';
....... (kode yang lain)

Sekarang, Anda sudah dapat menyimpan, mengedit, mengubah, dan menghapus data yang ada pada Database Anda. Selamat mencoba.....

No comments