Begini Cara Milih Web Hosting yang Baik

Share:
cara memilih web hosting


Hello World! Seperti yang sudah saya janjikan pada postingan sebelumnya, saya akan memberikan tips yang masih seputar hosting web, yaitu Tips Memilih Web Hosting yang Baik dan Benar untuk website Anda. Dalam memilih hosting untuk sebuah website, apalagi website yang dikomersilkan, tidak dapat sembarangan, karena dapat menjadi kesalahan besar bahkan bisa berakibat fatal.

Loh, kok bisa fatal? Ya bisa saja, contoh jika web Anda memiliki ribuan pelanggan yang setiap harinya mengunjungi website Anda, tiba-tiba down, dan mereka tidak dapat mengakses / menggunakan layanan Anda, pasti kabur semua. Inilah perlunya berhati-hati dalam memilih hosting web. Ketika memilih sebuah hosting web, perhatikan hal-hal berikut ini.

 
Harga / Biaya

Dimana ada harga pasti ada kualitas. Jika harganya murah, pasti kualitasnya abal-abal. Sebaliknya, jika harganya mahal pasti berkualitas tinggi. Dalam memilih hosting harga tidak menjadi masalah besar. Tapi perlu diingat, jangan memaksakan untuk menyewa hosting yang sekiranya kemahalan di saku, ini malah akan membuat Anda susah. Pilih saja yang tidak mahal-mahal amat, juga tidak murah-murah amat.

Harga untuk menyewa sebuah web hosting biasanya berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 60.000 per bulannya, tergantung pada fitur yang ditawarkan. Akan tetapi, biasanya kita tidak boleh menyewa hanya satu bulan, minimal harus 3 bulan atau lebih. Dan biasanya kalau durasi waktu pembayarannya lebih lama akan lebih murah (dapat diskon).

 
Bandwith & Storage

Pada web hosting kebanyakan, konsumen akan dibatasi kapasitas penyimpanannya. Bandwith adalah batasan transfer data (upload dan download) dalam waktu tertentu (biasanya per hari dan per bulan). Sedangkan storage adalah total penyimpanan data yang dapat kita gunakan untuk menyimpan file-file website.

Pilihlah web hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan (storage) dan bandwith yang besar. Atau jika bisa pilihlah hosting yang unlimited, jadi nggak dibatasi mau upload file sebesar apapun bahkan dalam sehari pun. Akan tetapi hosting yang unlimited ini memiliki harga yang lebih mahal daripada yang limited. Ya, nggak apalah, harga nggak jadi soal.

 
Performa

Performa sangat penting bagi website Anda. Kalau performanya jelek takutnya nanti web Anda akan sering down ketika mendapatkan kunjungan banyak orang. Untuk itu, sebelum memilihnya, Anda harus mensurvei terlebih dahulu kepada orang-orang yang mengerti web hosting, atau kalau bisa orang yang pernah atau sedang menjadi pelanggannya.

 
Siapa saja Pelanggannya?

Penyedia web hosting yang berkualitas akan menampilkan portofolio siapa saja yang sudah menjadi pelanggannya, dan tentunya pelanggan yang ditampilkan merupakan perusahaan / produk yang terkenal. Jika penyedia hosting yang akan Anda pilih menampilkan portofolio siapa saja pelanggannya yang terkenal, maka penyedia ini dapat Anda pilih sebagai penyedia hosting Anda.

Jika Anda menemukan penyedia hosting yang menampilkan testimoni dari pelanggan biasa, jangan seratus persen percaya bahwa mereka adalah berkualitas. Bisa saja mereka mengisi sendiri testimoninya. Untuk itu, tanyakan saja / survei kepada beberapa orang mengerti web hosting. Jika kebanyakan dari orang yang Anda tanyai merespon positif, Anda boleh menyewa hosting disitu.

 
Fitur yang Ditawarkan

Ketika sedang milih-milih web hosting, yang pertama kali ditampilkan pasti fitur pada paket yang ditawarkan, setelah itu baru harganya. Biasanya, semakin banyak fitur yang kita dapatkan, semakin mahal pula harganya. Untuk itu jangan tergiur dengan fitur yang banyak. 

Fitur-fitur yang banyak itu biasanya akan menjadi sia-sia. Jarang kita pakai tetapi kita bayar. Kan mending dikurangi aja fiturnya biar harganya juga berkurang. Fitur-fitur yang ditawarkan dari web hosting adalah : Server, storage, database, email account, ftp, ssh, cron job, DNS, Sertifikasi SSL, subdomain, dan sebagainya.

 
Dukungan Support CS

Pastikan Anda mendapat dukungan layanan pelanggan yang responsif dan ramah ketika menyewa hosting. Responsif ini maksudnya ketika Anda mengirim pesan, dibalas dengan segera. Karena Anda pasti akan mengalami suatu masalah yang tidak diinginkan. Ketika Anda tidak dapat mengatasinya, Anda dapat meminta bantuan kepada CS untuk menyelesaikannya.

Tips biar cepat dibalas ketika mengalami masalah. Ketika Anda menyewa hosting yang harganya paling murah biasanya pertanyaan yang Anda ajukan akan disepelekan, mereka mendahulukan dan memprioritaskan pelanggan yang menyewa hosting mahal. Agar penyedia segera menjawab / menyelesaikan masalah Anda, tanyakan kepada mereka melalui telepon, pasti langsung dijawab.

 
Kesimpulan

Diatas merupakan 6 hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih sebuah web hosting. Memilih suatu penyedia web hosting itu merupakan hak dan tanggung jawab Anda. Kenapa tanggung jawab? Ya, siapa tau nanti kena tipu. Anda harus berhati-hati sendiri dan jangan tergiur testimoni yang banyak. Semoga bermanfaat....

7 comments:

  1. Replies
    1. iya gan, walau murah tapi kalo sering down ya percuma gan

      Delete
  2. makasih infonya gann...sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. ane mah takut gan klo beli hosting sendiri, jdi blog ane cuma ane beliin domain doank

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah takut gan, kalo ketipu mah itung-itung pengalaman. Tanpa pengalaman kita nggak akan jago

      Delete
  4. Niagahoster, Hostinger Indonesia, Rumahweb, dkk bisa menjadi referensi dalam menyewa hosting

    ReplyDelete