Cara Menampilkan eBook Pada Halaman Website

Share:

Hello World! PDF atau eBook biasanya menjadi modul tambahan pada suatu website sehingga eBook ini diperlukan keberadaannya. Biasanya, orang-orang membuka eBook yang berformat PDF ini menggunakan aplikasi Pembaca (bawaan Windows), Adobe Reader, atau software-software yang lainnya. Nah, gimana caranya jika Anda, sebagai developer web ingin menampilkan eBook pada laman web Anda?

Apakah membutuhkan framework / plug-in tambahan untuk menampilkan eBook ini? Apakah diperlukan kode yang sangat ribet bin panjang untuk menampilkannya? Tentu Tidak jawabannya. Untuk menampilkan eBook pada suatu laman web terdapat 2 cara, yaitu me-link ke tautan / lokasi berkas eBook tersebut berada, dan menggunakan tag <embed> pada HTML5.

 
Cara 1 : Me-link ke Lokasi Berkas

Cara yang pertama ini sangat simpel. Anda hanya menulis tag anchor (<a>) dan menautkan ke URL lokasi berkas yang ingin dibaca / ditampilkan. Penulisan kode bisa seperti contoh di bawah ini.

<a href="LOKASI FILE.pdf" target="_blank">BACA PDF</a>

Ganti LOKASI FILE dengan URL lokasi keberadaan eBook yang akan dibaca / ditampilkan. Ketika Anda mengklik kode diatas maka peramban Anda membuka tab baru dan membaca / menampilkan eBook sesuai dengan URL yang telah ditulis.

 
Cara 2 : Menggunakan Tag <embed> (HTML5)

Cara yang pertama merupakan cara yang kurang tepat jika eBook yang ingin Anda tampilkan itu seperti sisipan, seperti Syarat Ketentuan atau Kebijakan Privasi & Keamanan. Jika file eBook Anda seperti itu, harusnya user / klien / pengunjung tidak berpindah laman. Yang jadi soal, gimana caranya menampilkan file eBook tanpa pindah laman? Tag <embed> pada HTML5 menjadi solusinya. Di bawah ini adalah kode HTML untuk menampilkan file eBook PDF.

<embed src="LOKASI FILE.pdf" type="application/pdf" width="LEBAR" height="TINGGI" />

LOKASI FILE.pdf ganti dengan URL tempat keberadaan file eBook yang ingin ditampilkan. LEBAR diganti dengan lebar box penampil eBook (dengan satuan px atau em), begitu juga dengan TINGGI-nya.

Ternyata sangatlah mudah nan simpel untuk menampilkan eBook yang berformat PDF pada suatu laman web. Tidak perlu memakai framework ataupun plug-in tambahan, cukup dengan HTML5 saja. Selamat mencoba. Salam Koding!

No comments