Mengenal Lebih Dalam Hosting Web

Share:


Hello World's! Dalam dunia per-website-an, dikenal istilah hosting. Apa sih hosting itu? Hosting adalah sebuah tempat dalam suatu komputer yang digunakan untuk menyimpan data / file untuk sebuah situs web agar dapat diakses oleh orang lain. Apa bedanya dengan server? Hosting merupakan tempatnya file-file yang diperlukan untuk website. Sedangkan server adalah software yang bertugas agar file-file tersebut dapat diakses oleh orang lain menggunakan IP Address ataupun DNS (Domain).

Jika Anda menggunakan Shared hosting (biasa disebut dengan hosting saja), maka yang terjadi adalah sebuah komputer server digunakan rame-rame oleh beberapa pengguna yang lain. Namanya juga "Shared", pasti ya berbagi. Walaupun dipakai rame-rame, shared hosting menjadi layanan yang tidak buruk untuk para webmaster. Kenapa demikian? Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari shared hosting.

 
Kelebihan

1. Lebih Murah daripada Dedicated Server

Shared hosting memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan dedicated server maupun virtual private server. Ini karena kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh shared hosting sendiri. Harga sewa dari shared hosting ini bervariasi, mulai dari Rp 15.000/bulan hingga Rp 80.000/bulan, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan oleh penyedia.

2. Pengelolaan Lebih Banyak dilakukan oleh Penyedia

Jika kita memilih shared hosting, maka kita tidak perlu melakukan perawatan server. Itu sudah dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Jadi, kita nggak perlu ribet-ribet mengurus error-error yang ada pada server. Akan tetapi, ini membuat akses kontrol kita pada komputer menjadi terbatas, dan akibatnya kita tidak dapat mengkustomisasi server tersebut.

 
Kekurangan

1. Performa yang Kurang Baik

Karena shared hosting itu penggunaannya dibagi-bagi dengan pengguna / pelanggan yang lainnya, akibatnya performa website akan menjadi kurang baik. Website akan memakan waktu lebih lama dari website yang dihost oleh dedicated server atau VPS untuk nge-load. Ini akan berdampak pada reputasi website kita. Kalau hanya buat belajar atau iseng aja sih nggak apa. Tapi kalau buat bisnis? Ya pada kabur pelanggan kita.

2. Terbatasnya Akses Pengunjung (kunjungan)

Mengingat performa yang kurang baik pada shared hosting, penyedia biasanya akan membatasi pengunjung. Inilah yang dinamakan bandwith pada web hosting. Jadi, pengunjung kita akan dibatasi, walaupun nggak sedikit sih. Biasanya, web akan dibatasi 1000 pengunjung per harinya. Kalau nggak dibatasi seperti ini biasanya server akan overload dan berakibat down-nya server yang mengganggu pengguna lain.

3. Kurangnya Akses (Pengelolaan)

Pada shared hosting kita tidak akan diijinkan untuk mengakses komputer server yang kita gunakan. Ya, kalau diijinkan, bisa terjadi hal yang tak diinginkan dan akan mengganggu pengguna yang lain. Akibatnya kita tidak dapat melakukan kustomisasi pada server, seperti konfigurasi PhpMyAdmin, atau mengatur Port Web Server yang digunakan.

Untuk tips memilih hosting website akan saya bahas pada postingan selanjutnya biar Anda makin penasaran. Semoga pos ini bisa bermanfaat....

Tidak ada komentar