Ngoding Web di Android? Pakai Aplikasi Pilihan ini!

Share:

Hello World! Mengetik script code web umumnya dilakukan dengan menggunakan program teks editor yang terpasang pada suatu komputer, seperti Sublime Text atau NotePad++. Tetapi, ada kalanya kita berhalangan untuk menyentuh perangkat komputer kita, misalkan PC rusak atau listrik padam. Tentunya jika hal ini terjadi, apalagi kalau pas penting (contoh : baru paham algoritma sulit);

Jika Anda baru saja memahami sebuah algoritma, sebaiknya Anda langsung menulis kode-nya. Minimal, Anda menuliskannya dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Bisa menulisnya di buku catatan, atau media yang lain. Hal ini harus Anda lakukan untuk jaga-jaga biar nggak lupa;

Selain itu, untuk mengantisipiasi kelupaan, Anda bisa menulis kodenya secara langsung. Nah, gimana kalau pas listrik padam? Anda dapat menuliskannya menggunakan perangkat android Anda. Loh? Kok bisa? Emangnya di android ada Sublime Text? Enggak sih, tetapi ada beberapa aplikasi script code editor yang dapat Anda gunakan untuk menulis kode script website Anda. Apa saja sih aplikasinya?

 
DroidEdit (free code editor)


DroidEdit merupakan aplikasi script code editor terbaik yang pernah saya gunakan. DroidEdit memiliki fitur yang banyak walaupun versi gratis, diantaranya : Menyoroti sintaks untuk beberapa bahasa, Undo Redo unlimited, Find & Replace, karakter dukungan encoding, HTML pre-view. Dilihat dari fitur-fiturnya, DroidEdit ini hampir mirip dengan Script Editor yang terdapat pada perangkat komputer.


Download (Free)
Download (Pro, Google Play)

 
AWD IDE


Tidak kalah dengan DroidEdit, AWD juga memiliki banyak sekali fitur-fitur yang menggiurkan, sehingga memiliki kemiripan dengan script editor yang ada pada perangkat komputer. AWD merupakan IDE (Integrated Development Environment) untuk melakukan pengembangan web melalui perangkat android. AWD memiliki dukungan beberapa bahasa, seperti HTML, CSS, JS, JSON, dan PHP. IDE ini tidak memiliki versi Pro sehingga Anda dapat menikmati semua fiturnya secara GRATIS.


Download (Free)
Download (Google Play)

 
Webmaster HTML Editor


Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, fitur-fiturnya juga hampir sama dengan DroidEdit (tetapi lebih sedikit, yang versi gratis). Aplikasi ini mendukung beberapa bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP (termasuk versi-versinya). Untuk fitur yang lebih lengkap, Anda dapat membelinya di Google Play dengan harga Rp 62.809. Atau mengunduhnya versi lite di bawah ini.


Download (Free)
Download (Google Play)

Di atas merupakan beberapa referensi aplikasi script editor yang dapat Anda gunakan untuk menulis code menggunakan perangkat android lainnya. Jika Anda ingin kualitas yang paling baik, Anda dapat membelinya melalui Google Play. Salam Koding!

2 komentar:

  1. itu aplikasi free apa prabyar gan?

    BalasHapus

  2. This is genuinely an awesome read for me. I have bookmarked it and I am anticipating perusing new articles. Keep doing awesome!
    Web Development

    BalasHapus