Script Penghitung Luas Lingkaran (dengan 2 jenis π)

Share:

Hello World! Matematika biasanya mapel yang paling ditakuti oleh hampir seluruh siswa sekolah. Sebagai programmer nganggur freelance, kenapa kita tidak membantu mereka untuk mengerjakan tugas-tugas matematika? Kan kalau bisa membantu seseorang itu baik. Anda bisa membantu mereka yang sedang kesulitan dengan menyediakan halaman web sesuai dengan problem mereka.

Contoh yang mudah saja, Anda dapat menyediakan script penghitung luas bangun datar. Mungkin terdengar sederhana, tetapi akan sangat membantu jika sedang kepepet, seperti buat contekan pas ujian. Mungkin Anda sudah bisa membuatnya sendiri script-nya karena toh rumusnya sudah tersebar dimana-mana. Akan tetapi, apakah script Anda menghitung secara otomatis menggunakan salah satu π (22/7 atau 3,14)?

Kebanyakan dari Anda mungkin membuatnya secara manual (menambahkan opsi π, apakah menggunakan 22/7 atau 3,14). Tentunya hal ini sangat merepotkan apabila sedang kepepet. Anda harus memberikan UX (User Experience, pengalaman pengguna) yang bagus. Nah, oleh karena itu script Anda harus dapat mendeteksi apakah jari-jari yang dimasukkan itu menggunakan 22/7 atau 3,14.

Gimana caranya? Buat dan tulis script code di bawah ini dengan nama penghitung.php

<form action="penghitung.php" method="post">
Masukkan jari-jari : <input type="text" name="r" style="width:100px;"> <input type="submit" name="hitung" value="HITUNG" />
</form>
<?php
if (isset($_POST['hitung']) {
        $r = $_POST['r'];
$bagi = $r / 7;
$pecah = explode(".", $bagi);
if(empty($pecah[1])) {
$pi = 22 / 7;
}else {
$pi = 3.14;
}
$hitung = $pi * $r * $r;
        echo "Hasilnya : $hitung";
}
?>

Simpan dan jalankan script di atas menggunakan peramban Anda (pastikan web server sudah aktif). Coba masukkan jari-jarinya, terserah, setelah itu klik tombol HITUNG. Hasil dijamin akurat dan tidak salah. Semoga bermanfaat.... Salam Koding!

Tidak ada komentar