Cara Membuat Fungsi Hashtag / Tagar dengan PHP

Share:
Hello World! Setiap hari kita tidak akan terlepas dengan yang namanya media sosial. Tidak bisa mengelak, setiap jam pasti Anda akan mengecek akun media sosial Anda (kecuali Anda sedang berada di daerah yang minim jaringan internet). Ya, kini medsos itu sudah menjadi satu kesatuan alias bagian daripada diri hampir setiap orang.

pengertian hashtag


Bagi Anda yang sering ngecek sosmed, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya #hashtag atau tagar ini. Apa sih fungsinya hashtag itu? Hashtag / Tagar (Tanda pagar) berfungsi untuk menandai suatu topik agar dapat diindeks oleh orang lain. Misalnya Anda ngetwit "lagi gak punya duit nih, #bokek", dan Anda klik #bokek, maka muncul semua tweet yang memuat orang-orang kere. Gampangnya gitu.

Mungkin Anda penasaran gimana sih caranya biar tulisan pada website Anda yang diawali dengan # bisa menjadi sebuah tautan secara otomatis?. Gampang kok. Anda hanya menuliskan sedikit script fungsi php pada laman Anda. Buatlah sebuah script php dengan nama "hashtag.php" dan tuliskan dengan script di bawah ini.

<?php
function tagar($teks) {

     $teks = eregi_replace('#([_\.0-9a-z-]+[a-z]{2,3})', '<a href='#LINK'>#\\1</a>', $teks);
     return $teks;
}
?>

Keterangan :
- tagar() merupakan nama fungsi yang nantinya diimplementasikan pada string (misal : echo tagar("#hai"); )
- eregi_replace merupakan fungsi built-in yang fungsinya mengganti string
- \\1 berisi value dari variabel teks
- #LINK, dapat Anda ganti sesuai kebutuhan, misal : hashtag.php?tag=\\1

Ini adalah teks yang belum diberi fungsi tagar()

Dan ini adalah teks yang sudah diberi fungsi tagar()

Ya, begitu saja postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang sudah berkunjung disini. Jika ada pertanyaan tanyakan saja langsung di kolom komentar. Salam Koding!

Tidak ada komentar