Cegah dan Atasi Defacing Melalui 7 Trik Berikut

Share:
cara deface website work

Hello World! Kejahatan itu bisa terjadi dimana-mana, tidak terkecuali di dunia internet. Akan tetapi, kejahatan di internet berbeda dengan yang terjadi pada dunia nyata. Namun saya kali ini tidak akan membahas orang yang diculik melalui Facebook atau tukang rekber yang tiba-tiba ngilang bersamaan dengan penjualnya, saya akan membahas kejahatan pada website.

Pengertian Deface Web :
Defacing adalah salah satu bentuk kejahatan internet (hacking) yang mengubah tampilan dan/atau fungsi dari pada sebuah laman website tanpa sepengetahuan pemilik website tersebut.

Deface / Defacing merupakan kejahatan yang paling umum terjadi di dunia internet. Sebab, bentuknya bukan merupakan kriminalitas sehingga tidak ada hukum yang mengaturnya. Selain itu, defacing juga sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Tetapi, defacing ini merupakan hal yang sangat menyebalkan bagi para pemilik website. Karena keisengan mereka aktivitas website menjadi terganggu, dan biasanya mengakibatkan kerugian bagi pemilik website.

Bagi Anda yang sudah mengalami website-nya di ubah oleh orang iseng, pasti sudah mengerti betapa sebalnya terhadap orang-orang ini. Nah, agar website Anda tidak dideface lagi oleh para hacker, berikut ini adalah beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya.

 
Selalu Cadangkan Semua File Website

Pencadangan file sangat disarankan untuk jaga-jaga kalau ada kejadian yang tak diinginkan seperti defacing ini. Soalnya, terkadang ada hacker yang tidak bertanggung jawab yang menghapus sebagian bahkan seluruh file yang ada pada direktori website Anda. Oleh karena itu, janganlah menghapus file web dari komputer Anda. Atau Anda juga bisa mencadangkannya melalui cPanel server Anda (tergantung; apakah tersedia atau tidak).

 
Hilangkan Semua Bugs dan Error yang ada

cara deface website mudah

Bugs dan Error (kerusakan) sistem yang ada pada script Anda bisa menjadi celah masuk bagi para hacker unuk men-deface situs Anda. Biasanya, celah yang rentan dimasuki ialah pada form. Oleh karena itu, pada laman yang memuat form dan terhubung dengan database jangan sampai ada bugs di dalamnya, seperti kesalahan penulisan query, atau yang lainnya.

 
Aktifkan Proteksi Keamanan

fungsi firewall untuk website

Pada sebuah hosting berbayar, pasti terdapat fitur proteksi keamanan. Fitur-fitur keamanan yang dapat mencegah situs Anda terkena defacing adalah Intrusion Detention System (IDS) dan Prevention (IPS). Intrusion Detention System adalah sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah jaringan.


Sedangkan IPS merupakan kombinasi dari fasilitas blocking capabilities (Firewall) dengan kedalaman inspeksi paket data dari IDS. IPS membuat akses kontrol untuk melihat konten aplikasi (seperti IP Address dan Ports) yang biasa dilakukan oleh Firewall.  Dengan IDS dan IPS Anda dapat melihat aktivitas yang mencurigakan pada website Anda.

 
Gunakan Web Server Privat (VPS)

pengertian vps

Biasanya fitur keamanan pada sebuah akun hosting itu kurang lengkap, walaupun pada akun berbayar. Tentu ini akan sangat mengkhawatirkan web dari serangan deface. Untuk itu, jika Anda memiliki biaya tambahan, sangat disarankan untuk menggunakan sebuah web server privat (VPS) daripada menggunakan akun shared hosting.

Kenapa kok saya menyarankan menggunakan VPS? Dengan menggunakan VPS ini Anda dapat mengontrol dan mengkonfigurasikan server secara total, tanpa campur tangan orang lain, sehingga Anda lebih leluasa dalam menjaga keamanan website Anda.

 
Gunakan / Update CMS Versi Terbaru

Biasanya, website yang rentan terhadap defacing adalah website yang menggunakan CMS sebagai platform-nya. Karena banyak juga orang yang menyerang website berbasis CMS, ini berarti bugs dan sistem keamanannya sudah menjadi rahasia umum di kalangan para hacker. Untuk itu, gunakan versi CMS yang terbaru guna menghilangkan bugs dan meningkatkan keamanan pada situs Anda.


 
Pelajari Dasar-dasar Hacking

Tak kenal maka tak bisa. Oleh sebab itu, kenalilah teknik-teknik hacking dasar, seperti SQL Injection, XSS, Exploit, terutama teknik defacing website. Ketika Anda mengetahui bagaimana mencari celah, caranya masuk celah, hingga menyuntikkan file index.html-nya, otomatis Anda juga pasti tahu bagaimana cara mengamankan situs web dari defacing dan menutup celahnya.

Dasar-dasar hacking ini bisa Anda dapat darimana saja, entah itu dari artikel di internet, membaca buku hacking, atau belajar pada ahlinya. Sumbernya tak terbatas, yang terpenting ialah Anda harus paham apa yang Anda pelajari (teknik Defacing).

 
Periksa Perubahan Folder / File di FTP

Biasanya, para hacker akan meninggalkan jejak (biasa disebut dengan backdoor) pada website yang telah di-deface-nya. Ini gunanya agar mereka dapat mengubahnya lagi dengan mudah. Daripada ribet melakukan pengecekan, cara paling mudah untuk mengatasinya ialah dengan menghapus seluruh file dan direktori dan mengupload ulang. Jejak mereka akan hilang.

Begitulah tips-tips mencegah dan mengatasi website yang terkena defacing, semoga bisa membantu Anda dalam mengamankan website dari deface. Jangan lupa terus stay di Belajar Ngeweb ID untuk mendapatkan info menarik seputar ngeweb, dan like FP Belajar Ngeweb ID.

No comments