4 Website ini Berguna Untuk Anda yang Nganggur

Share:

Hello World! Sekali-sekali saya ingin membahas yang sedikit Out of topic, tetapi masih berhubungan dengan website kok :D. Pengangguran itu merupakan masalah besar dan momok bagi tiap orang. Rasanya gimana gitu, kalau nganggur (kecuali orangnya males kebangetan), kayak udah gak ada gunanya lagi hidup. Nih, saya ada sedikit hasil pengamatan saya tentang pengangguran (niat banget pake riset segala).

Mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2016, angka pengangguran di Indonesia mengalami naik turun. Pengangguran terbanyak terjadi pada tahun 2010, yaitu 8,3 juta jiwa. 2 tahun berikutnya pengangguran mulai mengalami penurunan hingga 7,3 juta jiwa pada tahun 2012. Setelah itu, naik lagi menjadi 7,4juta di tahun 2013. Pada tahun 2014 dan 2015 pengangguran di Indonesia sebanyak 7,2 dan 7,6 juta jiwa. Hingga pada akhirnya di tahun 2016 turun menjadi 7juta jiwa. (Sumber : Indonesai Investments).

Melihat dari angka-angka di atas cukup besar, ada banyak orang yang pengen menurunkan angka di atas dengan berbagai cara, yang jelas dengan menyediakan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran. Salah satu caranya adalah menyediakan website untuk orang-orang yang mencari pengangguran untuk mengerjakan job mereka. Selain bisa membantu para pengangguran dengan pencari tenaga kerja, penyedia (pemilik) website ini juga akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang dibayar oleh pencari pekerja.

Para klien (sebutan orang mencari pekerja) memasang penawaran pekerjaan pada suatu situs web dengan kriteria-kriteria tertentu (seperti umur, pengalaman, kehalian, dsb). Penganggur melihat penawaran tersebut dan ketika merasa cocok, ia akan mengirimkan aplikasi untuk mendaftar pekerjaan (cv). Klien memilih siapa saja yang paling cocok untuk menjadi pekerja-nya, dan ketika sudah cocok dan pekerjaan sudah selesai, klien memberikan upah kepada pekerja, dipotong sekian persen untuk komisi website.

Sebenarnya, banyak sekali website yang memberikan informasi lowongan pekerjaan. Nah, dimana saja sih website-sebsite yang menginfokan loker? Simak 5 website berikut ini.


Jobs.id merupakan situs portal yang menyediakan informasi seputar lowongan kerja dari berbagai bidang, seperti IT, Finansial, periklanan, telekomunikasi, dan sebagainya. Jobs.id mulai beroperasi pada Januari 2015. Lowongan di Jobs.id tersedia hampir di seluruh kota di Indonesia, khususnya kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Batam, dan beberapa kota besar lainnya.

Lowongan di Jobs.id dibagi menjadi 3 level, yaitu Junior, menengan, dan senior. Level junior diperuntukkan pada fresh graduate yang baru lulus sekolah dan belum punya atau masih sedikit pengalamannya. Sehingga gajinya pun standar sedikit ke bawah. Pada level menengah, diperuntukkan pada para pekerja yang sudah memiliki banyak pengalaman, gajinya pun juga lumayan sekitar antara 5 hingga 10 juta rupiah. Sedangkan level senior dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki tanggung jawab yang sangat berat, contohnya sebagai General Manager. Mengingat tugasnya yang berat, gajinya pun juga kelas berat, mulai dari Rp 10.000.000 hingga Gaji dirahasiakan (mungkin takut yang lihat jadi ngiler).

Karir.com adalah sebuah situs portal lowongan kerja pertama di Indonesia. Karir.com berdiri sejak tahun 1999. Karir.com merupakan referensi lowongan kerja terbaik yang ada di Indonesia, karena mereka hanya fokus pada lowongan yang berlokasi di Indonesia saja. Saya sendiri tidak memiliki review untuk ditampilkan karena memang belum pernah mencoba situs ini.
OLX.co.id merupakan situs penyedia pasang iklan baris gratis terbesar se-Indonesia, yang telah mengalahkan saingan terberatnya. Kebanyakan orang menganggap OLX ini surganya barang bekas berkualitas termurah. Masih jarang orang mencari pekerjaan melalui OLX, sehingga Anda memiliki sedikit saingan pelamar di sini. Tapi, bukan jaminan Anda langsung diterima kerja.

Selain barang bekas, OLX juga menyediakan slot iklan dengan kategori lowongan kerja. Sub-kategorinya pun tergolong banyak, seperti driver, sales & marketing, hingga tenaga freelance pun ada. Bagi Anda yang sedang mencari tenaga kerja, kurang cocok jika Anda mengunjungi OLX karena sedikit orang yang menawarkan tenaga mereka.


Sribulancer adalah situs web yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, tetapi secara freelance, tidak terikat. Jadi, lowongan-lowongan pekerjaan yang terikat (misal : teller bank, general manager) tidak tersedia disana. Hanya yang freelance saja yang ada, seperti desain, content writing, web / app programmer, dan akunting (entri data).

Di Sribulancer terdapat 2 tipe pengguna, yaitu Klien (pencari pekerja) dan Pekerja (pencari loker). User Klien dapat memasang iklan penawaran kerja untuk mencari para pengangguran freelancer yang sedang longgar. Sedangkan pekerja bisa mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan skill yang mereka miliki.

Mencari kerja di Sribulancer ini tidak perlu ijazah yang tinggi, hanya memerlukan keahlian di bidangnya juga keahlian mengolah kata-kata saat menuliskan proposal pendaftaran kerja. Pengolahan kata yang tepat dan menarik bisa membuat para klien (pencari pekerja) kepincut dan mempekerjakan Anda.

Demikian 4 website yang bisa buat cari lowongan kerja, semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga bermanfaat......

1 comment: