Pentingnya Landing Pages untuk Bisnis

Share:

Banyak sekali cara-cara untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, seperti dengan melakukan promosi atau beriklan. Bukan bohong kalau biaya untuk iklan itu sangat mahal. Contoh, jika Anda beriklan di Adwords Anda akan menghabiskan dana sebesar sekitar Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per hari-nya. Belum di Facebook yang harganya juga hampir sama. Tapi, ada cara lain kok mempromosikan bisnis selain dengan iklan!

Anda bisa mempromosikan produk yang Anda buat melalui sebuah website yang biasa disebut Landing Page. Apa itu Landing Page? Adalah sebuah laman yang berfungsi untuk mengenalkan produk yang Anda punya kepada calon konsumen Anda. Dengan landing page, produk Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Kenapa sih harus pakai Landing Page

  • Biaya Murah
Sangat jelas, landing page banyak dipilih para pemilik bisnis karena hanya mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada beriklan di media manapun. Hanya dengan bermodalkan sekitar Rp 200.000 Anda bisa membuat landing page sendiri, bahkan bisa kurang dari itu kalau Anda bisa memilih web hosting yang murah berkualitas.

Lain lagi kalau Anda belum bisa membuat website sendiri. Anda memerlukan tenaga dari para programmer di luar sana. Untuk membuat landing page mereka memasang tarif yang berbeda-beda, biasanya mulai dari Rp 500.000 hinga 2 jutaan, tergantung pada kerumitan dan kualitas SEO website yang Anda inginkan.
  • Konsumen Tertarget
Anda bisa membidik sendiri siapa sajakah konsumen Anda. Karena Anda lah yang mengirimkan tautan landing page Anda kepada para konsumen. Kalau di Facebook atau Adwords sih juga tertarget, tapi kan masih memerlukan biaya. Kalau punya Landing Page Anda cuma mengirimkan pesan spam berupa tautan web landing page Anda kepada calon konsumen yang Anda inginkan.
  • Memudahkan komunikasi antara pemilik bisnis dengan konsumennya
fungsi landing pages
Gambar cuma contoh dan tidak ada hubungannya dengan Telkom
Pada sebuah landing page pastinya akan disertai dengan kontak orang yang bersangkutan (biasanya pemilik bisnis atau kontak bisnisnya). Dengan menampilkan kontak pada laman landing page ini para konsumen dapat menghubungi Anda dengan mudah. Anda semua juga pasti tahu kalau lancar tidaknya suatu transaksi bisnis itu tergantung pada komunikasi antara produsen dan konsumennya.

Jenis-jenis Landing Page

Pada umumnya, Landing Page ini terdapat tiga jenis, yaitu Lead Generation Landing Pages, Click Through Landing Pages, Landing Page Tutorial and Product.

1. Lead Generation Landing Pages

pengertian lead generation landing pages

Tujuan dibuatnya landing page ini adalah untuk memengaruhi pengunjung untuk mengisi informasi yang diperlukan (seperti nama, alamat email, dsb) dan menyebabkan redirect ke halaman untuk mengorder produk yang ditawarkan.

Pada jenis ini, biasanya informasi produk sangat terbatas. Produk tidak dibahas panjang lebar disini, yang ada hanya beberapa kalimat, beberapa gambar pendukung, dan sebuah form untuk mengisi informasi yang dibutuhkan. Terbatasnya informasi ini tujuannya membuat pengunjung menjadi penasaran gimana sih produknya.

Walaupun pengunjung tidak menjadi membeli produk yang ditawarkan, paling tidak pemilik web akan mendapatkan informasi yang berguna untuk promosinya, yaitu alamat email. E-Mail yang didapatkan ini akan dimasukkan ke daftar milist (mailing list), biasanya dipakai buat mengirimkan informasi-informasi produk terbaru.

2. Click Through Landing Pages

apa itu click through landing pages

Tujuannya hampir sama seperti Lead Generation Landing Pages, yaitu mendapatkan aksi dari pengunjung untuk mengorder produknya. Akan tetapi, pada Click Through Landing Pages tidak tersedia form, yang ada hanyalah sebuah tombol yang akan mengarahkan ke konfirmasi pembelian produk.

Akan tetapi, jika pengunjung tidak jadi membeli, maka pemilik tidak akan mendapatkan hasil apapun. Oleh sebab itu, jenis landing page ini jarang digunakan untuk menawarkan produk secara nyata. Biasanya yang ditawarkan adalah produk digital (software). Pada laman Landing Pages terdapat tombol untuk unduh software-nya tetapi masih versi trial selama beberapa waktu. Setelah masa percobaannya habis maka software tidak dapat digunakan dan harus membelinya untuk memakainya lagi.

Apa yang harus saya lakukan untuk membuat Landing Pages?

Membuat sebuah website Landing Pages itu gampang-gampang susah, tergantung pada hasil yang kita inginkan. Kalau cuma ingin mengenalkan / menampilkan produk sih mudah. Tetapi beda lagi kalau ada fitur yang ribet, seperti live chat, proses order produk, menampilkan lokasi bisnis dengan Google Maps. Gini nih cara membuat landing pages.

1. Belajar SEO Lebih Banyak Lagi

SEO itu sangatlah penting bagi website landing pages. Rasanya landing pages itu tidak akan berguna kalau pembuatnya tidak bisa  teknik SEO yang mujarab. Ya, apa gunanya membuat website tapi nggak ada yang tau produk Anda. Anda harus banyak-banyak membaca artikel tentang teknik SEO di internet. Kalau dicari di Google banyak kok.

2. Kuasai Bahasa Pemrograman Web Dasar

Namanya juga mau bikin website, Anda juga harus mahir dalam pemrograman website, paling tidak bahasa dasar-nya. Kalau Anda tidak bisa bahasa dasarnya, sama saja seperti mau ngecat rumah tapi nggak bisa membuka kaleng cat-nya. HTML5, CSS, dan Javascript harus Anda kuasai sebelum membuat landing pages. "Saya tidak bisa bahasa pemrograman web, gimana?" ya kuncinya cuma satu, yaitu Banyak-banyak berkunjung ke Belajar Ngeweb ID.

3. Keluarkan Sedikit Dana

Tidak ada sukses yang gratis. Kalau ingin sukses pasti butuh pengorbanan. Contoh, jika Anda ingin sukses kawin, eh nikah, pasti ada pengorbanan dana untuk biaya pernikahan. Balik ke landing pages. Dana yang Anda keluarkan ini untuk beberapa kebutuhan yang berfungsi untuk meng-online-kan website Anda sehingga bisa dilihat oleh orang-orang.

Nantinya, dana akan digunakan untuk menyewa sebuah vps server atau hosting. Untuk harga hosting, biasanya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 80.000 per bulannya, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan oleh penyedia. Kalau untuk VPS server, harganya mulai dari Rp 125.000 per bulan dengan spek terendah.

Selain untuk biaya mengonlinekan website, dana digunakan untuk membayar orang untuk mengerjakan salah satu dari kedua hal di atas (jika Anda tidak dapat melakukannya). Anda bisa mempekerjakan orang untuk membuatkan Anda landing pages. Biasanya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 2 juta.

Nah, itulah beberapa hal yang mengenai landing pages. Semoga bisa membantu Anda. Jika ada pertanyaan bisa meninggalkan komentar di bawah. Salam Koding!

Tidak ada komentar