Apa sih Artificial Intelligence itu?

Share:

Hello World! Seringkali kita mendengar kata AI, atau Artificial Intelligence. Tapi apa sih Artificial Intelligence itu? AI (singkatan dari Artificial Intelligence) adalah suatu sistem yang memiliki kecerdasan yang dapat berpikir seperti manusia dan dapat mengembangkan kecerdasannya. AI ini biasanya berupa software. Tujuan dibuatnya AI sendiri ini adalah untuk menggantikan peran manusia dalam mengerjakan hal tertentu.

Salah satu contoh AI yang paling populer adalah jarvis. Jarvis adalah robot pintar milik Iron Man yang bisa membantu Tony Stark dalam melakukan pekerjaannya. Di lain pihak, Jarvis adalah software pintar milik Mark Zuckerberg yang diciptakan untuk membantu pekerjaan rumahnya, seperti mendeteksi tamu yang datang, memanggangkan roti, mengambilkan baju, menyiapkan home-teater, hingga mendeteksi si Max kalau jalan-jalan. Atau si Red Queen ciptaan Wesker yang akhirnya menguasai Umbrella Corp dan mengusir Wesker dari Umbrella.

AI diciptakan oleh Dietrich Prinz John McCarthy (dikenal sebagai bapak AI dunia) pada tahun 1950-an. Saat itu, ia membuat program permainan catur dan membuat istilah Kecerdasan Buatan untuk program seperti ini.

 
Jenis dan Macam-macam AI

Artificial Intelligence memiliki beberapa jenis dan macam-macamnya, antara lain :

Jaringan Syaraf Buatan

Merupakan kelompok jaringan syaraf neuron yang memakai model komputasi untuk memproses informasi berdasarkan pendekatan yang terhubung pada komputasi. Contoh aplikasi jaringan syaraf buatan yaitu : Pengenalan Pola, Signal Processing, dan Peramalan.

Aplikasi pengenalan pola berfungsi untuk mengenali tulisan yang bukan buatan komputer, seperti tanda tangan atau tulisan manusia. Aplikasi signal processing berfungsi untuk menekan noise dalam saluran telepon. Selain itu, jaringan syaraf buatan juga dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi kok saya kurang percaya pada aplikasi yang terakhir ini?

Robotika

apa itu artificial intelligence

Kecerdasan robotika biasanya digunakan pada pabrik yang memproduksi suatu barang. AI Robotika ini akan menggantikan para pekerja untuk melakukan proses produksi. AI ini menjadi musuh besar para pekerja yang terkena PHK. Bagaimana tidak, gara-gara robot ini jadi banyak pengangguran yang dianggurin. Robot Pintar ini akan melakukan pekerjaan yang sudah diprogram oleh pembuatnya secara berulang-ulang.

Logika Fuzzy

Logika Fuzzy merupakan suatu cara untuk memetakan suatu ruang input ke dalam ruang output. Contohnya : penumpang bilang "bang, jangan kenceng-kenceng bang!" otomatis tukang ojek akan mengurangi kecepatan laju motornya. Atau pelayan restoran yang menjelaskan kepada pelanggannya bagaimana pelayanan restoran itu, dan pelanggan akan membayar tip sesuai pelayanannya.

Algoritma Genetik

Aplikasi ini seringkali digunakan di bidang kedokteran, misalnya untuk menganalisis DNA manusia. Saya nggak bisa ngasih penjelasan lebih lebar karena saya sendiri nggak paham kalau soal dokter-dokter seperti ini.

Weak dan Strong AI

Weak AI ini memiliki kecerdasan yang dinilai mirip seperti manusia. Contoh dari Weak AI adalah memanggil atau mencari sesuatu via perintah suara (seperti aplikasi Ok Google). Sedangkan Strong AI adalah kecerdasan yang bertindak seperti halnya manusia, jadi hampir mirip lah seperti robot. Contohnya adalah robot pabrik, pendeteksi wajah, atau pendeteksi suara.

Sistem Pakar

pengertian artificial intelligence

Sistem Pakar merupakan kecerdasan yang dapat membantu kita untuk memutuskan kesimpulan pada suatu permasalahan. Contoh dari sistem pakar adalah Pemeliharaan lokomotif listrik diesel, memecat pekerja/karyawan, atau mendiagnosa suatu penyakit seseorang.

Permainan

Kecerdasan pada permainan ini banyak dijumpai pada hampir seluruh jenis permainan. Seperti pada games GTA, orang-orang disana akan melawan karakter Anda apabila Anda mengganggu atau bahkan memukul mereka. Atau pada games Counter-Strike yang dapat menyerang Anda yang diidentifikasi sebagai musuh mereka.

Dengan diciptakannya Artificial Intelligence, ada kelebihan dan juga kekurangannya. Pekerjaan manusia akan dapat terselesaikan dengan bantuan robot, di lain pihak, pekerja akan di PHK karena tugasnya tidak dibutuhkan lagi. Banyak di film-film yang memasukkan konten AI yang menggambarkan bahwa AI bisa berubah jadi jahat dan merusak kedamaian dunia. Padahal aslinya tidak demikian.

AI tidak diciptakan untuk merusak ketenteraman manusia. Kalaupun AI bisa bikin ribut, itu bukan bertujuan untuk membunuh manusia, seperti yang telah dijelaskan oleh Stephen Hawking di laman Reddit. Demikianlah artikel tentang AI ini, jika Anda bingung tentang AI dapat meninggalkan komentar di kolom bawah.

Tidak ada komentar