Stress Ngoding? Atasi Dengan 3 Cara Ampuh ini!

Share:

Hello World! Kalau bicara tentang ngoding, pasti yang ada di benak pikiran adalah pusing, stres, ngamuk, kacau, dan hal-hal menjengkelkan. Tidak bisa dihindari, stres akan menimpa Anda ketika sedang menuliskan kode atau membuat algoritma. Kalau masih Front-End developer sih pusingnya tidak seberapa parah dibandingkan Back-End developer, apalagi kalau sama Full-Stack Developer.


Stres ini terjadi pada back-end atau full-stack developer ketika mereka mencoba membuat suatu program, tetapi tidak mau bekerja dengan benar. Walaupun sudah diotak-atik, diganti ini-itu, tetap saja tidak mau jalan. Ya, siapa yang nggak marah kalau gini. Bayangkan! Jika Anda menyuruh seseorang membelikan minuman yang harganya cuma 2 ribu dengan memberikan uang 10 ribu, tetapi malah dibelikan minuman yang harganya 5 ribu.

Lain orang lain pula cara menghilangkan stress-nya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan stres ketika Anda sudah mentok membuat program. Simak caranya berikut ini.

 
Hapus Kode dan Tulis Kembali


Ini nih yang paling aneh yang sering dialami oleh para programmer. Banyak dari mereka yang programnya tidak jalan, melakukan script-nya secara sebagian ataupun keseluruhan dan menuliskannya lagi, programnya jadi jalan. Anehnya, tidak ada satupun kode yang dirasa berbeda dari yang sebelum dihapus.

Jika Anda pernah mengalami kejadian seperti ini, bukanlah suatu keajaiban atau fenomena aneh. Melainkan ini merupakan kesalahan dari Anda sendiri. Ya, namanya juga manusia, sarangnya kesalahan. Mungkin pada script yang sebelum dihapus itu kurang satu karakter, makanya tidak mau jalan. Setelah Anda tulis lagi dan secara tidak sadar menambahkan karakter yang kurang itu, programnya jadi jalan.

 
Berhenti dan Istirahatlah


Jika Anda sudah melakukan hal diatas dan tetap saja program Anda tidak mau jalan. Maka itu artinya Anda harus beristirahat dahulu.

Istirahat ini bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara, seperti tidur atau melakukan hal yang menyenangkan.

Dengan tidur, maka Anda akan berhenti memikirkan apapun yang mengganggu pikiran Anda. Kalau pada saat ingin tidur tetapi masih memikirkan algoritma program yang tidak jalan, Anda bisa mencoba tidur sambil mendengarkan musik slow yang bisa mengundang kantuk.

Selain tidur, Anda juga bisa melakukan hal yang menyenangkan. Sesuatu yang membuat senang ini berbeda-beda setiap orangnya. Ada yang bermain games, ada yang kumpul bersama teman / keluarga, ada juga yang nyeleneh. Saya sendiri, hal yang menyenangkan adalah ngebut di jalan lurus (tidak untuk ditiru). Berhubung kalau siang lalu lintas Surabaya itu padat, saya hanya melakukannya ketika saya stress pada malam hari.

Atau Anda juga bisa menghubungi orang-orang tersayang yang bisa membuat Anda tertawa dengan candaannya. Dengan tertawa, Anda akan terlupa dengan hal yang mengerikan (termasuk hutang).

 
Luapkan saja Amarah


Sebenarnya cara ini tidak saya sarankan tetapi masih berguna, mengingat amarah itu sifat yang kurang baik. Karena kalau dilakukan akan menimbulkan kerugian, entah itu materi (seperti rusaknya barang) ataupun fisik (seperti terluka pada bagian tubuh tertentu).

Anda bisa melakukan ini dengan tanpa sadar, hanya dengan menurut pada amarah Anda akan meluapkannya. Biasanya, meluapkan amarah ini bisa menimbulkan kesenangan tersendiri, seperti menghancurkan barang-barang atau memukul sesuatu.

Sekali lagi, cara yang terakhir ini tidak saya sarankan karena dapat menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun pihak lain. Jika Anda memaksa melakukan hal ini karena kedua cara di atas masih tidak ada efeknya, usahakan tidak ada orang lain yang berada di dekat Anda. Pastikan Anda sendirian untuk mencegah orang lain terluka.

Sebenarnya, masih ada berbagai macam cara yang efektif mengatasi stress ketika ngoding. Cara-cara yang lain tersebut bisa Anda pikirkan sendiri karena toh lain orang itu beda pemikirannya juga tingkat stress-nya juga berbeda. Semoga bisa bermanfaat dan Salam Koding!

Tidak ada komentar