Cara Menyensor Kata dengan PHP

Share:


Hello World! Kata kotor / kasar seringkali muncul pada suatu laman web yang terkadang mengganggu kenyamanan kita. Kalau jadi pengunjung sih akan merasa terganggu dengan adanya kata kotor ini, jadi jika Anda sebagai web master / developer / programmer, ada baiknya jika Anda menyensor / mengganti kata-kata kotor tersebut, dan pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Untuk menyensor kata kotor, terdapat 2 pilihan bahasa, yakni dengan menggunakan PHP atau JavaScript, tapi saya akan pilih memakai PHP saja, soalnya lebih mudah. Nah, pada PHP ini kita akan membuat fungsi sendiri karena tidak ada fungsi built-in nya. Pertama, buatlah file sensor.php dan tuliskan kode di bawah ini.

<?php
function sensor($teks) {
     $teks = eregi_replace("kotor", "*SENSOR*", $teks);
     return $teks;
}
?>

Untuk mengimplementasikannya, hanya memasukkan katanya saja ke dalam fungsi sensor(), seperti contoh berikut.

echo sensor("ini adalah contoh kata kotor");

dan hasilnya akan seperti ini

Karena kata-kata kotor itu tidak hanya satu dua melainkan sangat banyak, tidak mungkin kan kita menulis fungsi eregi_replace-nya sebanyak kata kotor yang muncul. Karena itu, kita gunakan array dan looping biar nggak nulis banyak-banyak.

<?php

function sensor($teks) {
     $sensoran = "anjing,bangsat,pler,tai";
     $pisah = explode(",", $sensoran);
     $tot = count($pisah);
     for ($i=0; $i < $tot; $i++ {
          $teks = eregi_replace($pisah[$i], "*SENSOR*", $teks);
     }
     return $teks;
}

?>

Penjelasan kode :
- explode merupakan fungsi built-in yang berfungsi untuk memisah string setiap ada tanda tertentu (contoh di atas adalah tanda koma ","
- count merupakan fungsi yang berfungsi untuk menghitung jumlah string yang dipisah menggunakan explode() tadi
- for adalah sintaks perulangan, di atas perulangan dilakukan sebanyak jumlah string yang dipisahkan pakai explode()
- eregi_replace merupakan fungsi yang berfungsi untuk mengganti string dengan string tertentu, misal : anjing diganti menjadi *SENSOR*.

Jika memakai fungsi diatas Anda tidak perlu menuliskan banyak kode eregi_replace(), hanya mengganti kata-kata yang ada di dalam value $sensoran saja. Semoga bermanfaat. Salam Koding!

No comments