6 Rahasia Menjadi Programmer Handal

Share:

Hello Worlds! Semakin hari, semakin banyak saja programmer-programmer pemula bermunculan. Kebanyakan dari mereka termotivasi karena ingin membuat sebuah software yang bisa bermanfaat. Ya, tidak ada salahnya sih jika ingin menjadi programmer. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang mengundurkan diri dari programmer dan kendor semangat ngodingnya.

Bagaimana mau menjadi pro kalau masih tahap pemula saja sudah menyerah? Mereka-mereka yang menyerah itu biasanya bingung dan tidak tau harus belajar yang mana, mengingat bahasa-bahasa pemrograman itu banyak. Tanya sana-sini, semangat mencari informasi harus belajar apa. Tapi pas disuruh belajar memahami beberapa algoritma mereka menyerah.

Untuk Anda yang ingin menjadi programmer yang lebih profesional, berikut ini adalah (10) tips untuk menjadi programmer yang profesional.

Perkuat Tekad dan Kemauan

Saya rasa, jika Anda ingin mahir dalam suatu hal, Anda harus memiliki semangat untuk menguasainya. Sulit rasanya untuk menguasai jika Anda tidak ada kemauan untuk menguasainya.

Jangan pernah menyerah jika menemui suatu kesulitan dalam membuat suatu program. Karena jika Anda bisa menyelesaikannya, level Anda akan naik dan semakin dekat menjadi pro. Kegigihan Anda dalam mempelajari pemrograman akan membuat Anda semakin mahir.

Tentukan Jenis Pemrograman yang Ingin Dikuasai


Seseorang bisa melakukan banyak hal, tetapi ia akan mahir dalam satu hal. Entah saya lupa dari mana kata tersebut, tapi yang jelas kalimat ini memang benar adanya. Misalnya, ada orang yang memiliki 2 keahlian, balap motor dan servis motor. Ia akan sangat mahir di salah satu dari kedua keahlian tersebut, hanya di balapannya atau cuma di perbaikannya.

Oleh karena itu, tentukan jenis bahasa pemrograman yang ingin dikuasai. Ups, salah. Anda harus menentukan jenis pemrograman yang ingin Anda kuasai, apakah itu pemrograman berbasis desktop, mobile, ataukah web? Walaupun Anda mampu mengerti ketiga pemrograman di atas, Anda pasti akan sangat mahir salah satu dari ketiga pemrograman tersebut. Entah itu web, mobile, ataupun desktop.

Anda bisa mempelajari bahasa C/C++ pada pemrograman desktop. Atau bahasa Java pada pemrograman mobile. Bahasa PHP / JSP juga bisa Anda pelajari jika ingin mahir di pemrograman berbasis website.

Baca juga : Dasar Bahasa Pemrograman Website

Mencoba Memahami Algoritma

Yang namanya programmer, pasti setiap hari akan bertemu dengan yang namanya algoritma. Algoritma ini akan menjadi asupan setiap hari bagi para programmer profesional. Jika Anda kesulitan memahaminya, maka bukan profesional namanya.

Jika Anda masih pemula, cobalah untuk memahami dan membuat algoritma sendiri, yang simpel-simpel saja. Seperti memisahkan bilangan ganjil/genap pada inputan, atau membuat mesin penghitung luas lingkaran secara otomatis. Buatlah algoritma sesuai dengan bahasa pemrograman yang Anda bisa.

Bagi para programmer, keberhasilan menciptakan suatu algoritma sendiri merupakan hal yang sangat luar biasa. Mereka akan merasa sangat senang, kadang sampai lompat-lompat sendiri seperti orang gila (kalau yang lompat-lompat itu pengalaman pribadi).

Yang jelas, jika Anda bisa memahami suatu algoritma, Anda akan bisa menciptakan alur sistem atau fungsi sendiri tanpa menggunakan framework apapun.

Ketik Code/Script Secara Manual



Sama seperti yang lain, jika Anda mempelajari sesuatu maka Anda harus banyak-banyak latihan. Apabila Anda ingin mahir menjadi programmer, usahakan untuk tidak menyalin dan menempel code pada editor Anda. Memang akan memakan sedikit waktu, tetapi hal ini akan menghambat Anda untuk menguasai pemrograman itu.

Jika Anda dalam tahap belajar, menemukan referensi kode, janganlah sekali-sekali untuk menyalinnya dan menempelkan pada editor. Ketiklah kode tersebut secara manual.

Beberapa dari Anda pasti mengeluh, kode-kode yang segitu banyak kok harus ditulis manual. Kan jadi repot, ngetik kode manual, belum lagi sering menekan ALT+Tab untuk ganti jendela. Tapi percayalah, kemahiran itu membutuhkan perjuangan.

Fokus pada Apa yang Akan/Sedang Dikerjakan


Fokus disini maksudnya mengutamakan. Fokus terhadap yang akan/sedang dikerjakan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Dalam mengerjakan suatu proyek, usahakan untuk tetap fokus pada proyek tersebut. Jangan membuat sesuatu yang lain jika tidak sedang menganggur.

Sama seperti jamannya sekolah. Yang namanya sekolah pasti mengutamakan tugas-tugas yang ada daripada yang lain. Jika menyepelekan tugas, maka akan kelupaan mengerjakan dan akan berakhir tragis di lapangan.

Jika Anda bermain-main dengan proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda akan mengalami banyak masalah. Mulai dari waktu pengerjaan yang molor, hingga banyaknya bug dimana-mana. Tentu ini akan menjadi masalah yang serius karena reputasi Anda akan menjadi jelek dan akan berdampak pada selanjutnya. Calon pelanggan Anda akan berkurang.

Tingkatkan Kualitas


Ketika Anda mengutamakan proyek yang sedang Anda kerjakan, maka kualitas Anda sebagai programmer juga menjadi bagus. Jika Anda memiliki reputasi yang bagus, maka pelanggan Anda akan menyarankan Anda kepada kolega-kolega mereka sesama pencari programmer.

Apabila Anda membuat suatu program, usahakan untuk tidak ada sama sekali yang namanya bug / error. Karena semakin banyaknya bug maka reputasi Anda semakin jelek. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan finishing, cek dulu apakah ada error pada program Anda atau tidak.

Selain itu, waktu pengerjaan yang tepat waktu juga memengaruhi kualitas Anda. Tentukan dahulu deadline yang memungkinkan untuk Anda. Jangan sampai deadline sudah terlewati tetapi program masih belum juga jadi. Ini akan membuat pelanggan menjadi kecewa dan tidak akan mempekerjakan Anda lagi berikutnya.

Itulah beberapa tips untuk menjadi programmer yang handal. Yang terpenting adalah semangat untuk belajar dan mengutamakan kualitas yang Anda hasilkan. Semoga bisa bermanfaat... Salam Koding!

No comments