3 Tempat ini Paling Enak buat Ngoding

Share:

Hello Worlds! Semua pasti tau kalau ngoding itu merupakan pekerjaan yang sangat ribet. Yang membuatnya ribet adalah alur algoritma yang harus dipahami dan diimplementasikan pada program yang akan dibuat. Nah, kalau suasana lagi rame pasti akan sulit untuk membuat / memahami algoritma. Untuk itu, diperlukan tempat yang tepat agar ngoding kita menjadi lancar.

Secara umum, tempat yang paling enak untuk ngoding adalah tempat yang tidak berisik dan udaranya segar. Udara yang fresh ini akan menjaga otak kita agar tetap fresh sehingga tidak mudah emosi. Akan tetapi, tempat-tempat yang seperti ini sudah jarang di daerah perkotaan, apalagi yang padat/kumuh, yang ada cuma tempat yang penuh dengan sampah berserakan diiringi dengan irama kegaduhan tetangga yang sangat tidak merdu.

Tapi jangan khawatir, beberapa waktu lalu saya telah meriset tempat-tempat seperti apa saja yang nyaman dihinggapi untuk ngoding. Simak hasil penelitian berikut ini.

Rumah (dengan kondisi yang tenang)

tempat untuk ngoding

Yap, rumah adalah tempat yang paling baik untuk ngoding. Pada hakikatnya, rumah itu tempat untuk berlindung dari segala sesuatu yang mengganggu, termasuk pikiran yang dapat mengganggu konsentrasi ngoding.

Jika Anda memiliki rumah yang suasana disekitarnya tenang, maka Anda tidak perlu lagi repot mencari tempat ngoding yang pas. Ngoding itu paling enak kalau di kamar, tidak ada yang mengganggu, suasana sepi, pas banget itu. Tambah nyaman jika ada teman barengnya. Teman ini bukan berupa manusia, melainkan camilan.

Ketika ngoding di rumah, Anda bisa menghadirkan camilan sebagai teman Anda. Camilan bisa berupa gorengan, makanan ringan, ataupun kopi. Walaupun saya menyebutnya teman, Anda tidak diperbolehkan untuk curhat kepada "teman" yang satu ini.

Taman

tempat untuk ngoding

Tempat terbaik kedua setelah rumah adalah taman. Banyak orang yang pergi ke taman untuk mendapatkan ketenangan batin, tetapi bukan berarti banyak yang bertapa di taman. Banyaknya bunga membuat udara di taman menjadi sejuk. Udara di taman yang segar membuat otak berasa fresh, sehingga emosi ketika gagal paham algoritma akan tertahan.

Akan lebih baik jika taman yang Anda tuju itu memiliki fasilitas free wifi. Selain Anda mendapatkan ketenangan, Anda juga bisa menjelajahi internet guna mencari source code atau pemecahan masalah yang Anda butuhkan, atau mengunduh beberapa keperluan untuk ngoding, seperti framework.

Ada hal yang perlu Anda ingat ketika berada di taman sambil memakai perangkat komputer jinjing, yaitu masalah keamanan. Anda harus tetap berhati-hati dan waspada kepada kejahatan, seperti penjambretan, penodongan, perampokan, bahkan pelecehan. Ya, kita kan nggak ingin kalau lagi ngoding terus didatangi om om homo ngelus paha. Hiii... Serem.....

Oleh karena itu, diharapkan agar Anda bisa berhati-hati sendiri terhadap kejahatan yang mungkin terjadi di taman. Karena kejahatan itu selain karena kepepet tersangka, juga disebabkan oleh ketidak-waspadaan korban.

Warung Kopi / Kafe

tempat untuk ngoding

Jika Anda memiliki sedikit uang yang sekiranya tidak ada perlunya, Anda bisa datang ke warkop-warkop terdekat. Akan tetapi, warkop ini bukan rekomendasi bagi programmer yang tidak suka keramaian. Namanya juga warung, pasti ada orang lain selain kita dan penjual.

Kenapa kok saya menyebutkan tempat ini sebagai tempat ngoding terbaik? Di tempat ini kita bisa mendapatkan akses internet secara cuma-cuma. Selain itu, kita bisa berkumpul bersama teman, khususnya yang sesama programmer agar kalau mengalami kesulitan bisa ditanyakan kepada yang dirasa bisa atau didiskusikan bersama.

Bukannya merendahkan, ya mohon maaf apabila Anda merasa tersinggung. Terdapat perbedaan di antara warung kopi dan kafe ini. Yaitu soal uang. Jika Anda membeli secangkir di warung kopi, harganya paling mahal cuma Rp 6.000 saja per cangkirnya. Sedangkan kalau di kafe, paling murah harganya Rp 10.000, itu pun belum puas. Selain masalah makanan juga masalah parkir kendaraan. Kebanyakan kafe ada juru parkirnya, sehingga meletakkan kendaraan disana tidak gratis. Kalau di warkop cuma letakkan saja asal tidak mengganggu yang lainnya.

Saat ini, Anda harus pandai-pandai mencari warung kopi yang support programmer. Karena sekarang ini banyak warung kopi yang melarang penggunaan laptop di tempatnya. Entah itu karena konsumsi listrik yang lebih banyak, atau konsumsi internet yang sering membuat lemot yang lainnya.

Selain ketiga tempat diatas, ada sih satu tempat yang sangat mendukung untuk Anda ngoding. Karena tempat yang satu ini memiliki suasana yang tenang nan sunyi, juga tempatnya berupa rumah. Tempat apakah itu? Ya, rumah angker yang sudah lama ditinggal pemiliknya mati gantung diri.

Di atas merupakan beberapa tempat yang paling nyaman jika dihinggapi buat ngoding. Sebenarnya, tempat-tempat nyaman itu relatif, tergantung pada pribadinya masing-masing. Jika saya menyebutkan tempat yang sunyi, mungkin ada juga orang suka ngoding di tempat yang ramai, ngoding sambil nonton tawuran live misalnya. Salam Koding!

No comments