Trik Mengatur Pola URL Menjadi Rapi (Clean URL)

Share:

Hello Worlds! Pada hampir semua website yang memiliki postingan / artikel untuk dibaca, pasti terdapat pola URL yang digunakan untuk menampilkan artikel yang akan dibaca. Sebagai contoh pada blogger/blogspot. Di blog buatan blogger ini jika Anda membaca artikelnya, pola URL yang Anda lihat akan seperti berikut.

http://urlblog.blogspot.co.id/tahun/bulan/tautan-permanen.html
contoh :
http://www.belajarnge.web.id/2017/02/cara-mengatur-pola-url.html

Pola URL di atas merupakan pola default dari blogger dan tidak bisa diubah. Tapi, saya tidak akan membahas tentang website yang dibuat dari blogspot, melainkan website yang Anda buat sendiri dan menampilkan sekumpulan artikel.

Mungkin jika Anda sudah membuatnya, pola URL untuk membaca artikel adalah seperti pada gambar paling atas (yang disilang). Menggunakan pola seperti itu memiliki beberapa kekurangan. Selain terlalu ribet dan tidak enak dibaca, juga website Anda tidak akan SEO Friendly. Untuk itu, pola URL harus Anda ubah seperti pada contoh gambar di atas yang benar.

Bagaimana cara mengatur pola URL menjadi rapi ?

Untuk mengatur pola URL hingga menjadi seperti yang diinginkan, diperlukan file .htaccess untuk mengaturnya. File .htaccess ini akan diletakkan di folder paling luar (public_html; bukan root directory).

Apa itu .htaccess

apa itu .htaccess

.htacess adalah script text berbasis ASCII yang fungsinya untuk mengkonfigurasikan beberapa pengaturan pada server, seperti mencegah pengunjung mengakses suatu laman, memproteksi direktori, mengubah default halaman index, mengarahkan pengunjung ke halaman lain, dan juga memanipulasi URL seperti yang akan kita lakukan disini.

Nah, langsung saja ke intinya. Buka file .htacess Anda, jika belum ada maka bisa membuat baru, dan masukkan kode berikut pada file Anda.

RewriteEngine On
RewriteRule ^baca/(.*?)$ baca.php?idpos=$1 [L]

Penjelesan kode :
- RewriteEngin On, merupakan perintah untuk mengaktifkan .htaccess-nya
- RewriteRule, sintaks yang digunakan untuk memanipulasi pola URL
- (.*?), adalah fungsi untuk menyimpan variabel pada parameter
- $1 merupakan value yang tersimpan di (.*?) tadi

Anda bisa mengubah beberapa string sesuai kebutuhan. Misal jika file untuk membuka artikel dari DB itu namanya artikel.php, maka baca.php harus diganti menjadi artikel.php. Juga kalau parameter yang Anda gunakan berbeda dengan yang di atas, parameter idpos bisa diganti dengan parameter yang Anda gunakan.

Yang perlu diingat, jika Anda menggunakan pola URL dengan penambahan direktori, maka Anda harus mengubah lokasi pemanggilan media / file. Misal, jika pada sebelumnya pemanggilan gambar yang Anda gunakan adalah src="gambar/images.png", maka Anda harus menggantinya dengan src="../gambar/images.png" jika Anda menggunakan pola URL di atas.  Semoga bermanfaat.... Salam Koding!

No comments