5 Kunci Sukses Bikin Landing Pages

Share:

Hello Worlds! Kita bicara lagi mengenai Landing Pages. Sebelumnya, kita sudah tahu apa sih Landing Pages itu? Sedikit re-view, Landing Pages adalah sebuah halaman yang berfungsi untuk mengenalkan produk Anda kepada calon konsumen Anda. Keuntungan dari menggunakan Landing Pages ini adalah bisa meningkatkan omset penjualan / transaksi produk Anda.

Dibalik kesuksesan penjualan produk melalui website Landing Pages, pasti ada kehebatan sang pembuat (programmer) websitenya. Hebat dalam membuat website, menentukan desain, hingga ilmu teknik SEO yang dia terapkan. Pengen punya landing pages yang bagus untuk penjualan? Simak beberapa tips berikut.

UX ( User eXperience )

Pengalaman pengguna atau bahasa kerennya User Xperience menjadi faktor utama dan kunci keberhasil dari pembuatan landing pages. Banyak hal yang memengaruhi UX ini, diantaranya yaitu kontrol yang mudah dan performa loading pages.

apa itu user experience

Kesulitan mengontrol laman akan membuat calon pelanggan sedikit kecewa dan bingung. Contoh dari laman yang sulit dikontrol adalah menu navigasi yang tidak responsive. Maksudnya navigasinya itu berada di atas terus, tidak mengikuti kemana pengguna scrolling laman. Jadi, untuk membuat Landing Pages navigasinya buat posisinya menjadi fixed, jangan pakai absolute.

Atau jika Anda memang ingin memakai posisi absolute, maka sediakanlah tombol untuk meluncur ke bagian laman paling atas. Agar pengguna bisa lebih mudah menemukan navigasi yang berada di bagian atas.

Tak kalah penting pada UX, performa laman yang lambat juga menjadi faktor pendukung calon pelanggan menjadi kecewa. Bagaimana tidak? Pelanggan Anda membuka situs produk Anda, tetapi sangat lama untuk menampilkan kontennya. Hal ini akan membuat pelanggan Anda menjadi jenuh, bahkan jengkel.

Walaupun internet yang pelanggan Anda gunakan itu sedikit lelet, Anda tetap tidak bisa menyalahkannya. Karena pelanggan itu harus dilayani dengan baik. Oleh karena itu, buatlah landing pages dengan loading yang cepat. Pakailah gambar-gambar yang sudah dikompres sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Juga jangan menambahkan efek-efek CSS atau JavaScript yang tidak perlu.

Domain

cara membeli domain

Dalam memilih sebuah domain, Anda diharuskan memilihnya secara tepat. Karena kesalahan pemilihan nama domain akan membuat ekspetasi pertama pelanggan Anda menjadi kacau.

Misal, jika Anda menjual pisang goreng secara online. Jangan menggunakan nama domain "jualpisanggoreng.com". Mungkin Anda beranggapan bahwa menggunakan nama domain yang seperti demikian itu membuat website menjadi lebih SEO Friendly. Itu dulu. Sekarang sudah nggak jaman pakai keyword di domain.

Gunakan saja nama toko Anda pada domain, Pisgore.com misalnya (PISang GOREng). Memakai nama perusahaan / toko pada domain akan membuat usaha Anda akan terlihat lebih profesional. Apalagi kalau memakai domain yang keren, seperti http://belajarnge.web.id.

Ada hal yang penting saat memilih domain. Usahakan untuk tidak menggunakan domain gratisan. Apalagi domain yang berasal dari Hostinger. Semua domain gratis dari Hostinger sudah di blacklist oleh semua kalangan sebagai website yang merugikan, seperti phising atau judi. Ya kan terlihat gak profesional jika Anda menggunakan domain 16mb.com atau hol.es.

Jadi, gunakanlah domain hasil beli daripada gratis atau malah carding. Walaupun murah, tapi kalau Anda pintar memilih nama domainnya, pasti akan terlihat keren. Contohnya adalah domain ini. Belajarnge.

Teknik SEO

SEO memiliki peran penting pada kesuksesan pembuatan landing pages. Tanpa teknik SEO, website tidak akan muncul di hasil pencarian. Ketika Anda membuat landing pages, jangan lupa untuk mengikut sertakan teknik-teknik SEO yang telah Anda pelajari dari internet university.

Tidak perlu menggunakan teknik optimasi yang terlalu ribet dan berlebihan, hanya teknik dasar yang diajarkan oleh banyak orang di internet itu saja. Jika Anda melakukan optimasi berlebihan maka akibatnya bisa berbahaya. Bahayanya adalah website Anda akan terkena hukuman Google Sandbox.

Teknik SEO yang biasa diajarkan oleh para blogger lainnya di internet adalah penggunaan Meta Tag, penggunaan heading yang terstruktur, penambahan keyword pada gambar, dan lain sebagainya (untuk lengkapnya Anda bisa searching sendiri).

Meta Tag yang ngefek pada SEO adalah Meta Description dan Meta Keyword. Pada Description ini bisa Anda isi dengan deskripsi / gambaran umum website Anda, misal Dukun Ngeblog, descriptionnya "Ada Dukun bisa Ngeblog". Sedangkan Meta Keyword Anda isikan dengan kata kunci yang Anda targetkan, misal : "jual pisang goreng paling murah". Untuk keyword, cukup gunakan long tail keyword saja, karena sangat sulit jika bersaing dengan keyword kurang dari 5 kata.

Testimonial

Yang namanya penjualan pasti ada testimoninya. Apa sih testimoni itu? Testimonial adalah suatu kalimat atau paragraf yang berisikan tentang hasil konsumsi suatu produk yang ditulis oleh konsumen yang telah mengonsumsi produk tersebut. Gampangnya, saya beli celana kolor di eBay. Setelah saya beli dan terima, saya coba pakai. Nah, kalau dipakai kan tau kelebihan dan kekurangannya, kemudian dituliskan pada halaman yang memuat testimoni.

Testimoni menjadi elemen yang penting pada pemasaran produk. Biasanya, para smart buyer tidak akan langsung membeli produk, tetapi ia tanya-tanya kepada orang yang telah membeli produk tersebut. Atau juga bisa melihat tulisan testimoni yang biasa ada di laman khusus.

Tidak sedikit orang pembuat Landing Pages itu menyisipkan testimoni palsu. Mereka menampilkan gambar yang didapatnya dari mencuri dan mengarang kata-kata sendiri. Seolah-olah orang yang ada di gambar itu sudah pernah menyicipi produk yang ditawarkan. Hal ini sungguh tidak baik.

apa itu testimoni

Sebagai contoh adalah Pisgore Store. Mereka menyisipkan gambar 3 orang beken, yaitu Mark Zuckerberg, Sundar Pichai, dan Achmad Zaky. Dan parahnya, kalimat yang digunakan itu bahasa Indonesia. Ini sudah jelas-jelas bohong. Masa Bukalapak sekarang jualan pisang goreng? Masa Sundar Pichai hobi makan PSK (Pisang Susu Keju)? Nggak masuk akal. Makanya nggak ada orang yang mau beli.

Itulah pentingnya kenapa kita harus menyisipkan testimonial produk dan betapa pentingnya menerapkan kejujuran pada suatu bisnis / usaha.

Berdoa

Doa merupakan hal yang paling penting dibandingkan dengan 4 hal diatas. Tanpa berdoa sulit rasanya untuk sukses dalam suatu hal, bahkan tidak mungkin. Sebab, kita berdoa kepada Yang Membuat Kehidupan dan meminta untuk dihidupkan omset penjualan kita. Sering-seringlah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberkahi bisnis Anda.

Penutup

5 hal di atas hanya sebagai referensi Anda dalam membuat landing pages. Untuk sukses atau tidaknya bisnis Anda, saya tidak berani menjamin karena takdir sudah ada yang mengatur. Yang penting kita harus tetap banyak berdoa kepada Tuhan agar tetap diberi kelancaran rejeki. Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar