Cara Meraih Rejeki bagi Webmaster / Programmer

Share:

Hello Worlds! Beberapa hari (bahkan minggu sih) nggak bikin artikel membuat saya jadi lebih malas. Ya, gitu lah, ide sulit keluar walau sudah melakukan beberapa ritual yang disarankan sama Mbah Dukun Ngeblog. Jadinya bahas OOT. Tapi masih ada hubungannya kok sama Webmaster / Programmer / Developer. Malah mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah yang melilit.

Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu webmaster, yang jelas webmaster itu pemilik dari pada sebuah situs web.

Di dunia ini, nggak ada orang yang nggak mau cari rejeki. Mau makan apa kalau nggak punya rejeki? Bijinya keyboard? Mungkin (mungkin, bukan "mungkin" lagi sih), banyak orang yang mengalami kesulitan ketika mencari rejeki. Ada yang bayarannya kurang, atau belum dibayar, atau malah ada yang belum diterima kerja. Nah, berbahagialah Anda yang berprofesi sebagai seorang programmer atau memiliki kemampuan di bidang ngeweb (entah itu front-end, back-end, atau fullstack). Walaupun tidak mudah, tapi ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencari rejeki lewat web.

Jika Anda mencari di Google dengan keyword "cara mendapatkan uang di internet", maka yang keluar adalah dengan mengelola blog. Mengelola disini maksudnya memiliki, menulis, dan memonetisasi blog. Kalau jaman dahulu sih mudah pakai cara ini. Tapi kalau sekarang susah Om. Ngeblog nggak usah diniati "cari duit", niat aja cari pahala pakai cara bagi-bagi ilmu lewat blog.

Apabila Anda memiliki kemampuan di bidang ngeweb, sebaiknya tidak mencari uang dengan mengelola blog. Kenapa? Karena Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih dari mengelola blog jika diniati. Kalau Anda mengelola blog, khususnya pemula nih, Anda akan dihadapkan dengan berbagai rintangan, seperti visitor sedikit, terkena Sandbox, hingga ditolak / dibanned Adsense yang akhirnya mendaftar di penyedia iklan abal-abal dan kena tipu.

Apa iya bisa menghasilkan uang banyak dengan skill ngeweb?

Saya tidak memberi jaminan apakah Anda bisa kaya dari website, tapi sudah banyak contohnya. Tidak usah muluk-muluk Mark Zuckerberg, kita lihat yang lokal saja, Ahmad Zaky misalnya. Dia sukses dan kaya berkat website-nya. Sukses tidaknya Anda dipengaruhi oleh kemaluan kemauan, tekad, dan hasrat yang kuat serta diiringi dengan doa.

Selain itu, faktor lain bisa memengaruhi kesuksesan Anda. Misal, nanti gajinya akan dipakai untuk keperluan apa? Bener apa nggak? Apakah sebagian dari gajinya nanti diberikan kepada mereka yang berhak? Kalau mau aturan rejekinya banyak, ya harus mengikuti rules yang ada di kepercayaan masing-masing. Pasti kelima agama itu memiliki aturan tentang mengatur keuangan.

Lantas, gimana sih caranya mendapatkan uang dengan skill ngeweb?

Bekerja sebagai Tenaga IT Website


Maksudnya, Anda bisa dapat uang pakai skill ngeweb ini dengan cara bekerja pada sebuah perusahaan sebagai tenaga IT di bidang website. Entah itu jadi, web programmer, desainer, atau yang lainnya. Anda bisa mengirimkan lamaran kerja di Perusahaan terdekat yang ada di kota Anda.

Selain bekerja di perusahaan, Anda bisa mencari / bekerja sebagai ngeweb-er di berbagai lowongan yang tersebar di pelosok internet. Ada banyak lowongan untuk web programmer yang gajinya lumayan. Situs-situs yang banyak memuat lowongan seperti itu adalah Sribulancer dan Freelancer. Disana Anda akan menemukan banyak lowongan freelance web programmer yang gajinya menggiurkan.

Akan tetapi, jika Anda bekerja freelance yang tidak bertemu langsung dengan sang juragan, janganlah untuk menyepelekan job yang diberikannya. Itu akan memengaruhi reputasi Anda sebagai freelance web programmer.

Membuat dan Menjual Produk


Cara yang paling biasa dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang adalah berjualan. Dengan jualan, Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah. Tapi yang susah itu di proses pengelolaan keuangannya. Gimana caranya harus bisa mendapat untung sekaligus ada uang untuk membeli stok produk lagi.

Kini berjualan semakin mudah seiring dengan berkembangnya teknologi. Dengan adanya website, kita bisa mempromosikan produk ke banyak orang. Oleh karena itu, muncullah berbagai macam platform e-commerce yang memungkinkan penggunanya bisa berjualan dengan mudah, seperti OLX dan Tokopedia. Tapi maksud saya bukan jualan di e-commerce punyanya orang, tapi berjualan di toko online buatan Anda sendiri.

Kalau membuat sendiri itu rasanya gimana gitu, apalagi kalau bisa dapat konsumen banyak, rasanya ngefly. Kita bisa menyesuaikan sendiri desain yang disuka atau membuat alur sistem sendiri yang tidak ada di tempat lain. Tetapi, kalau skill ngeweb Anda belum mumpuni seperti saya yang masih pemula, Anda bisa menjual produk-produk yang mengenai website, seperti script source code, plugin, web hosting, cpanel, atau yang lainnya.

Cara Lain

Pada dasarnya kalau ingin dapat uang, kalau nggak jualan ya menjual produk yang dimiliki. Tapi, kalau Anda sebagai webmaster, ada cara lain yang lebih keren daripada kedua hal di atas. Saya menuliskan "Cara Lain" ini soalnya saya nggak tahu sebutannya. Begini gambaran umumnya.

Anda membuat sebuah jaringan personal, entah itu layanan atau yang lain, yang jelas ada sistem membership di dalamnya. Bedakan kelas / level penggunanya, ada yang biasa (gratis) dan ada yang premium (bayar). Kalau bisa, yang premium / berbayar itu harus membayar setiap bulannya, jadi Anda bisa mendapatkan gajian tiap bulannya dari user-user Anda.

Contoh website-nya itu seperti forum, situs yang memuat katalog produk dimana mereka (user yang berbayar) bisa mengunduh / mendapatkan produk Anda sesuka mereka. Atau juga bisa layanan yang lain. Contoh lainnya yang lebih gampang yaitu WWE Network. Kalau Anda ingin menonton video di WWE Network ini harus login terlebih dahulu sebagai member berbayar. Untuk menjadi member berbayar, Anda diwajibkan untuk mengisikan Credit Card sebagai akun penagihan pembayaran setiap bulannya.

Penutup

Rejeki itu sudah ada yang mengatur, tetapi kita berkewajiban untuk mengoptimalkan pendapatan rejeki kita. Untuk itu, carilah rejeki dengan cara yang tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku. Banyak kok, cara cari duit yang halal. Selain cara di atas, masih banyak metode pencarian duit yang dikhususkan untuk webmaster dan/atau programmer, tergantung pada individu masing-masing. Usahakan untuk menyukai apa yang sedang Anda kerjakan untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

No comments