Download Script Web App Chatting Grup Gratis

Share:

Hello World's! Chatting merupakan suatu hal yang penting dalam bersosialisasi. Komunikasi jarak jauh atau chatting ini sangat diperlukan. Mungkin kalau ada suatu keperluan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya. Hanya dengan internet kita dapat terhubung dengan orang yang diinginkan.

Oke, langsung masuk ke aplikasinya aja. Aplikasi chatgrup ini memungkinkan kita untuk saling berbincang satu sama lain. Tidak diperlukan pendaftaran untuk bergabung dalam sebuah obrolan, hanya memasukkan nama saja sebagai identitas pengguna. mmm... apa lagi ya yang harus dijelasin? Mungkin kita ke kekurangannya dulu aja deh.

Kurang Aman

Perlu diketahui, setelah saya membuat aplikasi ini, saya coba testing ke beberapa teman saya. Ya, respon mereka sih positif, mau pake ini. Tapi ada beberapa teman dari teman saya yang, entah itu iseng atau sirik ya, mencoba mengganggu kenyamanan website demo saya. Entah dia pakai teknik apa, yang jelas aplikasi ini berhasil dia deface. Yang berubah adalah laman interface chattingnya.

Belum ada batasan orang di ruang obrolan

Meskipun ketika kita membuat ruang obrolan baru dan menentukan berapa orang yang boleh join, tapi nyatanya fitur ini masih disfungsional. Terakhir saya cek, coba buat ruang obrolan dengan maksimal 2 orang, tapi 4 orang berhasil join di ruang obrolannya. Padahal udah ada hitungannya, tapi kalau lebih limit slot user-nya malah negatif. Mungkin kalian bisa memfix ini.

Tidak ada tombol share

Tombol share ini dimaksudkan untuk mengirimkan tautan undangan kepada teman-teman lain yang ingin bergabung di ruang obrolan. Tidak adanya tombol ini jadinya kalau kita ingin bergabung ke obrolan, kita harus masuk secara manual atau menuliskan pola tautan "http://namasitus.com/gabung/IDObrolan". Tentu ini jadi masalah UX yang perlu dibenahi. Oh iya, ID Obrolan bisa dilihat angka terakhir yang ada di URL. Misal URL interface chatting-nya "http://namasitus.com/chat/123" berarti ID Obrolannya adalah 123.

Mungkin itu aja sih sejauh ini yang saya ketahui. Untuk proses instalasinya seperti biasa lah. Nah, berhubung saya lupa memberi file sql yang dipakai untuk membuild tabel database, jadi kita bikinnya manual.

Pertama, kita buat database bernama "chat". Kemudian, buat 2 tabel, yaitu tabel 'chatting' dan 'obrolan' dengan struktur seperti di bawah ini.



Instalasi :
git clone https://github.com/BelajarNgewebID/chatgrup.git

3 comments: