File Size Upload Dibatasi? Gini Cara Menambah Limitnya

Share:

Hello World's! Yang namanya situs web, pasti ada sebuah fungsi dimana penggunanya diperbolehkan untuk mengunggah suatu berkas, entah itu berupa foto untuk avatar, ataupun file lain untuk berbagai keperluan. Yang jelas, pada sebuah website pasti ada fungsi upload file-nya.

Begitu juga dengan situs web yang akan atau sedang kita kerjakan. Pasti ada fitur upload file-nya. Nah, pas membuat fitur ini, terkadang kita stuck di prosesnya. Memang sih file yang diupload itu sukses dipindahkan ke direktori yang sudah ditentukan pada server. Tetapi yang jadi kendala adalah ukuran file yang akan diunggah itu terbatas, kalau nggak salah cuma sekitar 4 MB-an.

Nah, jika fitur unggah yang kita buat tadi itu cuma buat mengunggah foto profil sih bisa diantisipasi dengan memberi peringatan pada form uploadnya agar tidak mengunggah gambar lebih dari 4 MB. Lah kalau fitur upload ini dipakai buat mengunggah file-file lain yang ukurannya gede, video atau compressed file misalnya.

Kan nggak mungkin ada video dengan ukuran kurang dari 4 MB. Ada sih. Tapi video apaan? Kualitasnya kayak gimana? Burem kotak-kotak audionya pecah, cuma 1 menit. Biar filenya bisa diupload ke server, perlu dikonfigurasikan servernya. Ada dua cara nih. Yang pertama ini buat yang punya akses penuh untuk server, dan yang kedua buat yang pakai shared hosting.

Ubah konfigurasi php.ini

Cara yang pertama dilakukan dengan mengubah konfigurasi yang ada di php.ini. Apa itu "php.ini"? Adalah sebuah file yang berisi semua pengaturan-pengaturan untuk menjalankan proses php, seperti error_reporting, log_errors, termasuk juga limit ukuran upload file. Temukan dan buka file php.ini kemudian carilah tulisan "upload_max_filesize". Jika sudah ketemu, ubah  ukuran yang awalnya cuma 2MB menjadi sebesar yang diinginkan.

Lewat .htaccess

Nah, kalau yang nggak punya akses langsung ke komputer server, pakai shared hosting misalnya, kan nggak bisa ngubah file php.ini. Jangankan buat ngubah, nyari file-nya aja gabisa, apalagi mau ngoprek? Walau gitu, tetap aja bisa kok mengubah limit ukuran upload file. Caranya dengan menambahkan konfigurasi pada file .htaccess.
Pada artikel "Trik Mengatur Pola URL menjadi rapi" saya sudah membahas mengenai apa itu htaccess dan fungsinya. Jika belum paham bisa searching sendiri referensi yang lain. Sekarang, buka file .htaccess, atau jika tidak ada bisa membuatnya sendiri dan sisipkan kode ini di dalam file htaccess.

RewriteEngine On

php_value upload_max_filesize 1024M

Kemudian simpan. Kalau file htaccess nya sudah pernah dibuat, jika ada, nggak usah ditulis lagi sintaks yang RewriteEngine-nya. Kode diatas mengonfigurasikan php agar ukuran maksimum file yang dapat diunggah adalah 1GB (1024MB). Bisa diubah sesuai kebutuhan.

Oh iya, kalau bisa ukuran maksimum file upload-nya jangan gede-gede. Biar server-nya nggak lemot. Selain itu biar nggak menuh-menuhin space harddisk-nya. Salam koding!

Tidak ada komentar