Berkenalan dengan node.js yuk

Share:


Mungkin semua orang sudah tau javascript, bahasa powerful tapi hanya bisa berjalan pada sisi-client atau browser saja. lalu pada tahun 2009 ditulislah node.js oleh Ryan Dahl, dan javascript bisa digunakan di sisi server sekelas dengan PHP, Ruby ( ruby on rails ), dan ASP. dengan kata lain, node.js adalah platform untuk membuat aplikasi javascript dapat dijalankan di sisi server.

Kenapa harus NodeJS??

Pengembang node.js hanya perlu menggunakan satu bahasa, sehingga mengurangi learning curve.
Node.js dapat dieksekusi menggunakan engine v8 chrome, yang selalu update dengan perkembangan EcmaScript, jadi tidak perlu khawatir dengan browser yang tidak mendukung node.js.
Cepat dan ringan. 

Menggunakan Database noSQL, seperi mongoDB mendukung langsung node.js sehingga dapat mempermudah interaksi dengan database.

Asynchronus programming. Dalam Synchronus programming ketika anda melakukan menjalankan suatu task, anda haru menunggu sampai proses itu selesai jika ingin menjalankan task lain, lain halnya dengan Asynchronus anda bisa melakukan task berkali - kali tanpa harus menunggu task sebelumnya selesai.

Instalasi

Untuk instalasi anda tinggal download di situs nodejs.org. langsung download versi .msi nya untuk windows. Untuk linux dan mac Os bisa dilihat tutorialnya disini.

Hello World


Setelah itu buka localhost:2017/


Penjelasan


  • require(), adalah fungsi untuk memanggil modul
  • http.createServer(handlingServer), fungsi untuk membuat server yang nantinya akan berjalan di fungsi handlingServer(). Fungsi ini akan dipanggil pada setiap request ke server
  • handlingServer(), fungsinya untuk menerima 2 argumen, yaitu request(req) dan request(res) yang berisi data seperti HTTP header, status / error code, dan console-console yang lain.
  • res.write(), adalah fungsi untuk menampilkan informasi melalui server, dan res.end() adalah fungsi untuk memberhentikan load jika sudah memenuhi request
  • .listen() berfungsi untuk mengaitkan situs ke port dan akan dieksekusi setiap ada request, disini sebagai contoh kita memakai port 2017

Tidak ada komentar