HTML6, Kok Tambah Ribet?

Share:

Hello World's! Terkadang, perubahan terjadi begitu cepat. Saking cepatnya, kita sampai nggak bisa merasakan perubahan sebelumnya.

Perubahan juga terjadi pada HTML. Lebih tepatnya perkembangan sih. Walaupun nggak begitu cepat, tapi tidak butuh waktu lama HTML sudah 'hampir' berkembang lagi. Dari HTML versi 5 berkembang jadi versi yang keenam.

Pertama dirilis pada Oktober 2014, HTML5 membawa perubahan yang cukup bermanfaat dengan markah-markah barunya, seperti <audio>, <video>, <footer>, <article>, dan beberapa elemen lain. Perubahan yang paling fenomenal adalah, kita tidak perlu lagi plugin flash tambahan untuk menonton konten media di laman web, hanya pakai HTML 5.

Hampir berjalan 3 tahun, ada sebuah rencana untuk mengembangkan lagi HTML biar bisa lebih baik. Walaupun masih tahap proses, belum dirilis, ada beberapa bocoran dari berbagai sumber mengenai penulisan kode HTML. Meski saya nggak bisa memastikan, ada kemungkinan penulisan HTML jadi kayak gini.

<!DOCTYPE html>
<html:html>
<html:head>
     <html:title>Judul HTML6</html:title>
     <html:meta type="description" value="ini deskripsi untuk HTML6">
     <html:link src="css/style.css" title="Styles" type="text/css">
     <html:link src="js/script.js" title="Script" type="text/javascript">
</html:head>
<html:body>

<header>
     <logo>
          <html:media type="image" src="gambar/img.png">
     </logo>
     <nav>
          <html:a href="#page1">Page 1</html:a>
          <html:a href="#page2">Page 2</html:a>
     </nav>
</header>

<content>
     <article>
          <h1>Judul Artikel</h1>
          <p>Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing</p>
     </article>
</content>

<footer>
     <copyright>(c)2017 Belajar Ngeweb ID</copyright>
</footer>

</html:body>
</html:html>

Sekilas, kalau dilihat-lihat, penulisan di HTML6 jadi lebih ribet dari sebelumnya. Kita musti nulis tag 2 kali. Pertama, nulis html, kemudian nulis nama tagnya, misal : <html:body></html:body>. Sungguh sangat merepotkan. Ayo kita tulis satu-satu biar lebih terbiasa.

Struktur Dasar

Strukur penulisan HTML6 secara dasar-nya kira-kira akan seperti ini.

<!DOCTYPE html>
<html:html>
<html:head>
     // Isi dari bagian head dokumen HTML
</html:head>
<html:body>
     // Isi dari bagian body dokumen HTML
</html:body>
</html:html>

Seperti biasa, dokumen HTML dimulai dengan Doctype Definition (DTD). DTD-nya sama kayak HTML5, cuma <!DOCTYPE html> saja, gak pakai embel-embel URL ribet seperti di HTML versi 4.

Kemudian, dilanjutkan dengan tag pembuka html. Diikuti dengan tag-tag yang lain. Pada dasarnya, maksud dari tulisannya sama, hanya saja penulisannya yang berbeda dan lebih ribet. Kalau pakai text editor khusus coding mungkin nggak akan terlalu berpengaruh, soalnya tag penutup akan dibuat secara otomatis sesuai dengan tag pembukanya.

Sekarang, kita masuk ke bagian head-nya. Di bagian head, ada tag title, link, dan beberapa meta sebagai pendefinisi dokumen HTML. Tag-tag itu kalau ditulis akan jadi seperti ini;

Title

<html:title>Ini Judul Dokumen</html:title>

Meta Tag

<html:meta type="description" value="deskripsi situs saya">
<html:meta type="author" value="Belajar Ngeweb ID">
<html:meta type="robots" value="nofollow">

Udah, segitu aja. Saya cape ngetiknya.

Selain gaya penulisan, pastinya akan ada tag-tag baru yang gunanya buat mempermudah kita untuk nulis div. Contoh di HTML5 sudah ada <header> untuk div dengan id header, atau <footer> untuk div dengan id footer. Nah, di HTML6 ini saya cuma nemu satu tag baru macam ini, yaitu <logo>. Ya, tag ini dipakai buat menggantikan div dengan id logo dan jelas fungsinya buat ngediv logo.

Selebihnya, sama aja sih kayak HTML versi sebelumnya, ada <b><i><u>, ada <p>, ada <h1> dan kawan-kawannya.

Untuk tanggal rilisnya sendiri sih saya belum tau pasti kapan versi keenam ini akan dirilis secara umum. Bisa setahun atau dua tahun lagi, atau bahkan bisa aja lebih, kan repotnya orang nggak ada yang tau.

Yang jelas, kita berharap perubahan yang terjadi dari versi lima menuju versi enam akan membawa perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Salam Koding!

2 comments: