Script Website Search Engine (seperti Google)

Share:

Hello World! Ah sial, kegabutan menimpa saya lagi. Bentar, saya mau cerita dulu. Sekitar pukul 1 dini hari, saya nongkrong di Facebook. Karena agak ngantuk, saya lupa darimana saya dapat sebuah artikel CNN dimana dalam berita tersebut memuat informasi dari seorang mahasiswi UI yang membuat sebuah mesin pencari yang dia beri nama "Geevv" (https://geevv.com).



Dalam berita tersebut, si pembuat menjelaskan bahwa ini bukanlah sekedar mesin pencari seperti Google. Sekedar mesin pencari men? Sekedar mesin pencari katanya? Dia nggak tau apa mesin pencari Google itu bisa apa aja? Algoritmanya yang konon setiap tahun berubah aja saya gak paham-paham, ini katanya sekedar mesin pencari.

Oke lah, kita artikan sama-sama mesin pencari sebagai orang awam. Tapi ketika saya baca lebih lanjut, dia berkeinginan untuk bisa mengalahkan Google sebagai mesin pencari nomor satu di Indonesia. Wow! Saya meragukan akal sehat mahasiswi UI yang satu ini. Entah saya yang mungkin suka nyinyir, ataukah dia-nya yang kurang berwawasan di dunia startup? Kok pengen ngalahin Google....?

Satu-satunya hal yang gak bikin saya gak suka terhadap situs ini ialah model bisnis-nya yang sebagian akan didonasikan kepada yang berhak. Terlepas benar atau tidaknya hal ini, saya harap sebagian dana tersebut benar-benar disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Oke, cuma ini yang gak bikin saya gak suka. Lainnya saya gak suka.

Terutama mereka mengklaim situs ini merupakan lokal hasil karya anak bangsa. Ternyata, ada yang nyobain situs ini secara saksama, ditemukanlah watermark "Powered by Bing" di bagian bawah SERP.

Screenshot by Yudhi Satrio

Saya juga sempet ngajakin (lebih tepatnya ganggu orang tidur) temen-temen dev saya di salah satu grup developer, sekitar pukul 1.45 dini hari. And then? Hampir 4 jam dikacangi, saya sempet mikir saya gila, ngebacot sendiri di grup tengah malem. Akhirnya saya mikir, daripada saya koar-koar gini mendingan bikin kayak dia deh. Nah, karena liburan, ini script bisa jadi dalam waktu kurleb 4 jam.

Sedikit overview, cara kerja pencarian situs ini sangatlah sederhana, tidak serumit Google dengan algoritma-nya yang bikin jawara matematika di kelas saya puyeng. Hanya mencocokkan antara inputan user dengan keyword situs yang sudah ditambahkan di sebuah halaman tambah situs dan diurutkan berdasarkan waktu ditambahkannya url tersebut.

Instalasi :

git clone https://github.com/haloriyan/golex.git

Demo? Gak ada! Pas saya nulis server saya lagi down jadi gak bisa bikin demo. Udah gitu aja, intinya di pos ini saya pengen mengeluarkan uneg-uneg aja, jadi maaf kalo berantakan gak jelas saya bahas apa. Intinya, saya mau share apa yang sudah saya bikin. Salam koding!

2 komentar:

  1. hade hade wae jam 1 dini hari, wow banget gitu... kebetulan ana pun sedang buat search engine yang disupport mbah google dengan polesan sedikit lah... coba mas ini linknya http://cari.terapijarum.com mohon komentar pahit dan manisnya apa yang kurang, maklum ana awam, saking awamnya ngulik ngotak ngatik sendiri sampe bingung mo curhat ke siapa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah keren... bisa khusus buat blog terapijarum.com gitu...

      Hapus