Ternyata Hanya ada 3 Jenis/Kategori Aplikasi di Dunia Ini

Share:

Hello World's!

Hmm... Aplikasi... Rasanya kita gak akan bisa lepas dari yang namanya aplikasi, baik itu di komputer maupun telepon genggam. Memang kenyataannya kita sangat butuh yang namanya aplikasi, mulai dari kebutuhan produktivitas, hiburan, edukasi, komunikasi, dan yang lainnya.

Apabila kita membuka App Store di Apple Device atau Play Store di android dan lihat ke menu kategori, disana akan ada banyak kategori-kategori dari aplikasi yang tersedia. Selain yang saya sebutkan di atas, ada juga Fotografi, Lifestyle, Kesehatan, Finansial, Bisnis, Shopping, dan masih banyak kategori yang lain.

Namun dari sekian banyaknya kategori yang ada di Toko, secara mendasar ternyata hanya ada 3 jenis aplikasi. Ya intinya itu sih, cuma 3. Namun dari ketiga jenis ini kemudian dikembangkan lagi menjadi seperti yang kita lihat di toko. Apa saja sih ketiga genre aplikasi ini?



Penghasil Uang


Yang pertama, ada jenis aplikasi untuk menghasilkan uang. Aplikasi penghasil uang ini bukan selalu berarti aplikasi yang dipakai kita akan diberi uang dari publisher-nya. Tapi bisa juga berarti aplikasi untuk memudahkan kita dalam bekerja. Pengembangan dari genre ini menjadi Alat, Bisnis, Produktivitas, dan Keuangan.

Apabila kita ingin membuat sebuah aplikasi dengan salah satu dari ketiga kategori ini, pasti tidak akan sama dengan aplikasi yang lain. Pasti aplikasi yang kita buat itu ada bedanya, biasanya dari segi model bisnisnya yang beda. Namun pada intinya tetap sama, yakni aplikasi penghasil uang.

Penghemat Waktu

cara contoh hemat waktu

Setelah aplikasi produktivitas, kemudian ada aplikasi penghemat waktu. Kalau digali lebih dasar lagi, sebenarnya mirip dengan aplikasi penghasil uang. Eh, gajadi ding. Tetep aja beda.

Bedanya, menghemat waktu ini tidak selalu soal uang. Bisa saja ada keperluan lain yang bukan komersial. Contoh dari aplikasi penghemat waktu ada Ojol dan Navigasi dan Peta. Berkat dua kategori ini kita bisa menghemat waktu dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat. Yang mana dulu kita sering kesasar, sekarang gak akan lagi karena sudah dibantu dengan Tukang Ojol sama Navigasi Peta.

Selain aplikasi "Perjalanan", sebenarnya ada juga sih aplikasi yang menghemat waktu kita, seperti Personal Assistance Siri yang ada pada iOS. Berkat Siri, ketika ingin mencari sesuatu tidak perlu lagi membuka browser dulu. Tinggal ngucap "Search for blablabla" dia sudah bisa menemukan apa yang kita cari. Atau mungkin kalau mau mengatur sesuatu, seperti mengatur kecerahan, kita hanya mengucapkan "make my screen dark (or bright)". Padahal langkahnya cuma tarik pusat kontrol ke atas sudah bisa mengatur kecerahan. Tapi keren gitu kalau pakai Siri.

Selain Siri masih ada banyak lagi kok aplikasi yang mampu menghemat wakt u kita dalam melakukan sesuatu.

Komunikasi

komunikasi online daring

Manusia adalah makhluk sosial, dimana mereka akan saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini berarti manusia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Menyikapi hal ini, para developer kemudian membantu manusia dalam berkomunikasi dengan membuatkan aplikasinya.

Pengembangan dari komunikasi, ada sosial media yang kita kenal ada Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Selain itu, ada messaging app yang diisi oleh LINE, WhatsApp, dan Telegram. Ada juga kategori baru, saya belum tau apa namanya. Tapi ini biasanya app-nya dipakai buat livestream, aplikasinya macam Musically, Bigo, dan TikTok.


Ternyata dikit banget ya kategori dari aplikasi.... Cuma 3 loh...! Mungkin dari kalian ada yang mau nambahin lagi kategori apa yang fundamental selain 3 jenis diatas. Bye!

Tidak ada komentar