4 Ide Bikin Aplikasi Web buat Ngetes Skill Kamu

Share:

Hello world's! Mmm... Sebelumnya, aku nanya dulu nih... Kamu ngoding udah berapa tahun? Pasti dari kalian ada yang masih setahunan. Dalam setahun itu kamu udah pernah bikin aplikasi web belum?

Belum nih... Aku ga tau mau bikin aplikasi yang kaya gimana...?

Ya harus tau dong...  Di dunia koding, kita harus aktif dalam bikin sesuatu, walaupun apa yang kita bikin itu dirasa aneh kalau dipublikasikan. Aneh atau ngga rasanya, tetep apa yang kita buat itu musti dipublikasikan. Paling tidak harus ada di akun github kita. Siapa tau kita lagi hoki, ada orang yang punya duit banyak ngelirik github kita dan tertarik sama salah satu repo-nya, bisa-bisa kita dikucuri dana buat ngepublish itu repository.

Huft...  ketinggian... Tapi tetep kamu harus bikin sesuatu dari skill kamu. Paling tidak, apa yang kamu bikin itu bisa ada gunanya buat kamu sendiri.

Balik lagi ke problem ketidak-tahuan tadi. Buat kamu yang nggak tau mau bikin apaan... Aku ada nih, contoh 5 ide buat bikin aplikasi web buat ngasah kemampuan coding-mu.


Bakul - Badan Kuliner



Hiraukan soal "Badan" karena ini bukan tentang pemerintahan. Bakul adalah aplikasi buat kamu yang kurang 'eksis di instagram' tapi lagi kelaperan pas gak ada di rumah. Secara umum, Bakul ini bakalan mirip seperti aplikasi Google Bisnisku, tapi yang ini lebih spesifik ke soal makanan. Jadi dengan bakul kamu dapat menemukan restoran terdekat untuk melipur laparmu.

Fungsi pokok :

  • Registrasi User seperti aplikasi pada umumnya
  • Menemukan restoran terdekat di sekitarnya
  • User bisa menambahkan restoran baru beserta informasi pelengkapnya
  • User bisa memberikan ulasan pada restoran yang pernah mereka kunjungi
  • User mampu mengajukan pertanyaan seputar restoran terkait dan user lain bisa jawab, jadi ada forum di setiap restoran

Yang bakal kamu pelajari :

Yang jelas CRUD dengan bahasa yang kamu gunakan. Selain itu, kamu dapat pengalaman gimana caranya menggunakan API Google Maps untuk mengetahui lokasi restoran terdekat.


Jooxify


Dari namanya saja terdengar akrab di telinga kita. Merupakan gabungan dari kata "Joox" dan "Spotify" yang mana keduanya adalah aplikasi denger musik secara daring. Karena kita sangat sering memakainya dikala ngoding, kenapa nggak kita bikin aja macam mereka berdua? Tak perlu jelasin panjang lebar, mengingat kalian udah tau gimana cara kerjanya.

Fungsi Pokok :

  • Seperti biasa, registrasi pengguna beserta login-nya
  • User bisa mengunggah lagu kesukaan mereka dan akan ditampilkan di profilnya
  • User bisa membuat playlist dari lagu yang mereka suka
  • Lagu dapat diputar dimana saja

Yang bakal kamu pelajari :

Selain CRUD, kamu akan terbiasa dengan penggunaan AJAX. Di aplikasi ini harus menggunakan AJAX, karena "lagu dapat diputar dimana saja" tanpa harus berhenti ketika berpindah halaman. Mungkin kamu akan dipaksa menggunakan JS Framework seperti Angular atau Vue untuk meng-handle masalah ini.

Tambahan : aplikasi ini tidak dapat kamu kembangan hingga menjadi besar karena kamu akan tersangkut masalah pelanggaran hak cipta. Kecuali user mengunggah lagu indie buatannya sendiri.


VoteApp

Terinspirasi dari momen beberapa waktu lalu dan juga dari bapaknya salah satu raksasa aplikasi yakni Facebook (facemash). Secara sederhana, aplikasi ini dipakai buat nentuin kandidat mana yang pantas untuk menduduki posisi terkait.

Fungsi pokok :

  • Yang ini user registrasi dan login tidak menjadi sebuah kewajiban yang harus dibuat
  • Admin bisa menambahkan kandidat beserta informasi pelengkapnya
  • User (guest) bisa memilih kandidat
  • Hitungan suara dan persentase secara realtime (bisa ditampilkan secara umum atau tidak)
  • User menerima pengumuman siapakah yang menang melalui surel (opsional)

Yang bakal kamu pelajari

Hampir tidak banyak sih. Tapi kamu dapat pengalaman gimana implementasi algoritma hitung-hitungan dalam sebuah aplikasi. Selain itu tanpa sadar kamu punya pengalaman gimana caranya bikin aplikasi broadcast message melalui email.


Beatcoin



Meskipun akhir-akhir ini harga bitcoin hanya bermain di sekitaran 100juta saja, tapi masih banyak kok trader-nya. Beatcoin adalah simple apps yang fungsinya buat mantau harga-harga koin. Jadi gampangnya ini market activity dari koin. Biar gampang kamu bisa menggunakan API dari indodax sebagai basis wallet-nya.

Fungsi pokok :

  • Menampilkan harga sekarang, harga tertinggi dan terendah hari ini
  • Ada market sell dan buy activity
  • Dan kalau bisa, trade dari aplikasi yang kamu bikin (Indodax Wallet)

Yang bakal kamu pelajari :

Yang paling utama kamu akan belajar tentang gimana caranya menggunakan API dari penyedia menggunakan bahasa yang kamu pakai dengan method CURL, baik itu GET maupun POST. Di lain sisi, secara otomatis kamu juga bakal belajar gimana caranya trading koin.

Udah kepikiran mau bikin yang mana?

Gausah mikir ini bakal keren apa ngga, asal kamu bisa bikin itu udah keren. Masalah gambar-gambar diatas saya cuma comot dari google dan tidak mengandung dan/atau mengundang profit, saya jelasin biar ga kena copyright issue. Oh iya, kamu kalau bikin app jangan sampai kena copyright issue ya... Kamu bikin sendiri semuanya mulai dari logo, design, dsb, kecuali kalau emang free used. Goodbyecruelworld...

Tidak ada komentar