Metode Belajar MySQL Query di PHP Paling Simpel

Share:

Hello world's! Seperti yang kita tau, MySQL itu aplikasi yang handal untuk mengurusi database, meskipun semakin hari semakin banyak yang menggunakan alternatifnya, seperti PDO, GraphQL, dan kawan-kawannya.

Sebelumnya, saya minta maaf, judulnya mungkin kurang relevan. Aku gak bakal ngebahas satu-satu syntax yang ada di SQL Query. Jadi aku harap, kamu udah mengerti dasar dari MySQL Query ini. Yang aku maksud di artikel ini adalah gimana caranya kita nulis SQL Query yang paling simpel dan enak dibaca.

Jawabannya ialah dengan Query Builder.

Apa sih Query Builder itu?

Query Builder itu fungsi-fungsi yang dipakai untuk menyusun sebuah Query. QB (aku singkat jadi QB aja biar simpel) sudah tersedia di framework-framework terkenal, macam CodeIgniter dan Laravel. Contoh QB yang ada di laravel bisa kamu baca di halaman Database: Query Builder (Laravel Docs).

Coba baca dulu bentar deh, ntar balik lagi kesini
.........

Sip... Udah ngerti kan kaya gimana sih query builder itu? Nah, yang jadi kerisihan, semua QB yang tersebar pakai bahasa inggris semua. Karena itu, aku bikin query builder tapi pakai bahasa Indonesia.

Instalasi :

git clone https://github.com/haloriyan/query-builder


Cara pakainya kaya gini;

Kalau mau ngambil data kaya gini :

<?php
include "src/qb.php";

$qb = new QB();
$select = $qb->tabel("users")
                      ->pilih()
                      ->dimana(["iduser" => "123"])
                      ->eksekusi();
$fetch = $qb->ambil($select);
?>

Kalau mo nambah data itu gini :

<?php
include "src/qb.php";

$qb = new QB();
$insert = $qb->tabel("users")
                     ->tambah([
                          "iduser" => "123",
                          "nama" => "Riyan Satria"
                     ])
                     ->eksekusi();
?>

Untuk yang lain kamu bisa baca dokumentasi yang ada di file README.md. Query Builder ini sudah tersedia di framework Embo. Berikut ini adalah cara instalasi Embo.

~ cd htdocs
$ ~/htdocs git clone https://github.com/haloriyan/embo.git

Sedikit spoiler. Embo adalah sebuah framework web basis PHP yang membantu kamu bikin aplikasi web semi-native. Semi-native karena ini bundle / kerangka untuk ngoding web secara native. Tunggu tutorial cara bikin aplikasi web pakai embo di artikel berikutnya

1 komentar: