Onlinekan Web Isengmu ke Firebase, Mudah dan Gratis!

Share:

Hello world's! Dulu, ketika orang lagi belajar ngeweb, satu-satu cara favorit mereka untuk mengonlinekan masterpiece-nya adalah dengan menguploadnya ke web hosting favorit mereka, yakni Hostinger.

Dulu hostinger ini idaman bagi pengeweb pemula yang pengen ngetes apakah site mereka bekerja dengan semestinya atau tidak. Tentu badge idaman ini ada sebab-musababnya. Salah satunya, hostinger memiliki layanan hosting yang gratis. Meskipun dengan akses terbatas, tapi layanan ini kaya akan fitur premium, seperti subdomain dan email pop3. Namun kini tak lagi menjadi idaman.

Tak lagi menjadi idaman ini bukan karena layanannya tidak bagus, lantaran kini sudah tak ada lagi yang namanya gratis. Menghilangnya layanan gratis ini pastinya karena semakin banyak pengguna yang mengorder hosting gratis. Sebenarnya bukan dihilangkan, tepatnya dikebiri fitur-fiturnya. Dan dialokasikan ke 000webhost. (Dan ngomong" ini kenapa 2 paragraf malah jelasin hostinger??)

Singkat cerita, kini google menyediakan layanan cloud computing gratis bernama Firebase. Cloud computing ini punya banyak layanan, mulai dari realtime database, machine learning, dan juga termasuk web hosting. Nah... disini bisa kita manfaatkan buat ngetes web iseng kita. Yuk kita coba ngehost ke firebase..!

Install Firebase CLI

Sebelum siap menggunakan firebase, kamu harus menginstall cli-nya dulu. CLI ini bakal dipakai buat nge-deploy script ke server-nya. Run perintah berikut

npm install -g firebase-tools


Login via CLI

Jalankan perintah ini dan lakukan apa saja yang dia mau

firebase login

Entar kamu bakalan buka tab baru di browser buat login ke akun google. Login seperti biasanya

Sign In ke Firebase (Google) dan bikin project baru

Berhubung saya sudah pernah nyoba bikin project di firebase dan lagi males ngulangin langkah ini, saya harap kamu bisa melakukannya ini sendiri tanpa bantuan gambar, mengingat ini langkah yang gampang banget. Kalo sudah bakalan muncul tampilan kaya gini

web hosting gratis


Init Project

Setelah cli sudah terpasang di komputer kamu, lakukan inisiasi pada direktori project kamu dengan menjalankan perintah ini

firebase init

- Pilih opsi Hosting




- Pilih project yang bakalan dipakai


- Jadikan public project dan single-page apps. Dan kalau sudah berhasil, bakal muncul gini



Setup Project

Sebelum siap dideploy, project harus disetting up terlebih dahulu. Caranya, buka tab "Mulai di sini" tadi dan klik pilihan yang "Tambahkan Firebase ke aplikasi web Anda". Setelah itu akan muncul javascript yang menjadi semacam kredensial bahwa ini adalah firebase project. Paste-kan Js ini di bagian akhir script kita.


Deploy!!

Run perintah ini untuk mendeploy apps ke firebase dan siap digunakan.

firebase deploy



Untuk ngecek hasil deploy, kamu bisa melihatnya di url nama-project.firebaseapp.com. Tapi entah kenapa punya saya yang saya bikin saat nulis ini kok malah ga muncul... Tapi kemarin saya nyoba langkahnya udah bener gitu kok... Okelah, saya nyari salahnya dimana dulu... Good luck pren!

Tidak ada komentar